Cara Menambah Widget di Home Screen Handphone OPPO

Cara Menambah Widget di Home Screen Handphone OPPO Header

CRCOID. – Hampir sama dengan handphone berbasis Android lainnya, handphone OPPO juga telah didukung widget yang dapat diaktifkan dan disimpan di halaman Home Screen.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, widget merupakan sebuah pintasan fungsi dari beberapa aplikasi yang dibuat dengan tampilan semenarik mungkin agar dapat mempercantik tampilan dari Home Screen sebuah smartphone.

Meskipun widget menarik, namun sebagian dari pengguna OPPO terutama pemula belum mengetahui cara untuk memanggil dan menaruhnya di Home Screen.

Untuk itulah bagi kamu yang belum bisa melakukan hal tersebut dapat melihat tutorialnya sebagai berikut.

Cara Menambah Widget di Handphone OPPO

  1. Buka kunci layar di handphone OPPO
  2. Pada saat sudah berada di halaman Home Screen, cubit layar dengan dua jari
  3. Selanjutnya, pilih menu Widgets yang muncul di bagian bawah
  4. Cari dan pilih widget dari aplikasi yang diinginkan
  5. Selanjutnya, widget yang dipilih akan dimunculkan di halaman Preview Widgets
  6. Kamu masih dapat memilih widget lain dengan masuk ke menu Widgets jika perlu
  7. Tekan tombol Done di bagian kanan atas apabila telah selesai
    Widget OPPO - 1
  8. Selanjutnya, widget akan berada di halaman Home Screen OPPO

Perlu dicatat bahwa tidak semua aplikasi yang diinstal di handphone OPPO akan memiliki widget karena hal tersebut merupakan inisiatif dari developer pengembang aplikasi masing-masing.

Widget sendiri dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pengguna handphone OPPO atau berbasis Android lainnya dalam mengakses fungsi-fungsi tertentu dari sebuah aplikasi secara lebih cepat dan mudah.

Pengembangan untuk membuat widget harus dilakukan secara matang oleh developer aplikasi karena apabila sering terjadi error atau bug, maka justru membuat pengguna handphone OPPO akan merasa tidak nyaman.

Widget OPPO - 2

Sementara widget ini juga memakan sumber energi yang lumayan dari handphone karena biasanya menampilkan data secara realtime. Hal terebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu agar tidak memasukkan terlalu banyak widget pada halaman Home Screen di handphone OPPO.

Baca Juga  NET TV Segera Hadirkan OTT Netverse

Apabila kamu sudah bosan dengan widget yang ditampilkan di halaman Home Screen, maka kamu juga dapat menghapusnya dengan menekan tombol berikon – di bagian kanan atas widget pada halaman Preview Widgets.

Menurut saya sendiri, widget yang hadir di handphone OPPO menarik karena memudahkan menjalankan fungsi dari beberapa aplikasi dengan cepat. Namun memang kita perlu menyesuaikan banyaknya widget yang ditampilkan agar tidak boros melahap daya baterai.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link