Berkat Hyperlocal dan Tokopedia Play, Penjualan Pelaku UMKM Lokal Meningkat di Tokopedia

Tokopedia Play Feature

CRCOID. – Tokopedia baru-baru ini menjabarkan tren belanja di platform mereka. Kategori produk yang paling laris di Tokopedia sepanjang semester pertama tahun 2022 mencakup kategori Rumah Tangga, Makanan serta Minuman, Fesyen, Kesehatan, dan Elektronik.

Dengan tren kategori yang sedang meningkat ini, membuat Tokopedia meluncurkan berbagai inisiatif seperti Hyperlocal yang memanfaatkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga belanja produk kebutuhan harian bisa lebih efisien karena ongkos kirim menjadi lebih terjangkau.

Berkat Hyperlocal ini membuat wilayah Asmat, Tual, Jeneponto, Talakar, dan Bantaeng mengalami peningkatan penjualan pembeli paling tinggi di Tokopedia selama semester pertama 2022 dibandingkan semester kedua 2021 silam.

Selain itu Tokopedia Play yang merupakan kanal video streaming diklaim Tokopedia turut memberikan panggung yang luas bagi pelaku UMKM lokal dan menjadi penghubung antara penjual dan pembeli dalam memenuhi kebutuhan dengan lebih aman, nyaman, interaktif, dan menghibur.

Nirmala Rahmawati selaku Head of Content Marketing Platform Affiliate and Play mengungkapkan bahwa pada kuartal kedua 2022 terjadi peningkatan transaksi melalui Tokopedia Play sebesar hampir 1,5 kali lipat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

“Melalui Tokopedia Play, masyarakat dapat menikmati berbagai tayangan menarik, seperti live shopping, memasak, olahraga, dan lainnya. Inisiatif ini merupakan upaya Tokopedia untuk terus relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat di era social commerce, dimana masyarakat cenderung mencari informasi atau inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya,” tambah Nirmala.

Tokopedia Play Nonton

Tokopedia Play ini juga memberikan manfaat bagi para penjual seperti peluang promosi, mengembangkan brand awareness, meningkatkan engagement toko serta penjualan, dan dapat mengikuti beragam kampanye untuk menggaet perhatian calon pembeli.

Sebagai tambahan, kamu sendiri bisa langsung mengakses menu Tokopedia Play langsung dari halaman utama aplikasi maupun situs Tokopedia. Selain terdapat kategori Live Shopping, kamu juga akan dhadapkan pada beberapa kategori lain di Tokopedia Play yang terdiri dari Populer, Official Store, Promo, Kesehatan, Gadget, Fashion, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  MSI Gaming YouTuber Academy Segera Digelar dalam Waktu Dekat

Biasanya pada kategori Populer, kamu akan dihadapkan pada produk-produk di Tokopedia yang banyak dilihat, dikunjungi, maupun dibeli orang karena mendapatkan beragam promo, diskon, dan hadiah yang menarik.

Nirmala turut menambahkan bahwa Kecantikan, Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan serta Minuman dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia Play selama semester pertama tahun 2022.

“Selanjutnya, live shopping juga menjadi yang paling diminati serta ditonton melalui Tokopedia Play, seperti Ramadan Ekstra, Cantik, Fest TV Show, dan Diskonvaganza. Bahkan terdapat juga salah satu pembelian tercepat hanya 1,37 detik di Tokopedia Play,” tutup Nirmala.

Source link