Qualcomm Snapdragon W5 Gen 1 Series Dirilis, Chipset Perangkat Wearable dengan Fitur Canggih

Snapdragon W5 Gen 1 Series Feature

CRCOID. – Tidak hanya untuk perangkat handphone dan tablet saja, Qualcomm pun cukup aktif dalam meluncurkan chipset yang disematkan pada perangkat wearable. Baru-baru ini Qualcomm secara resmi mengumumkan dua chipset premium untuk perangkat wearable yang terdiri dari Snapdragon W5+ Gen 1 dan Snapdragon W5 Gen 1.

Menurut Qualcomm, kedua chipset ini dirancang untuk meningkatkan dan memberikan terobosan kinerja untuk perangkat wearable yang terhubung generasi berikutnya dengan konsumsi daya rendah yang berfokus pada masa pakai baterai yang lebih lama, pengalaman pengguna premium, dan desain yang ramping serta inovatif.

Dengan menggunakan kedua chipset ini, Qualcomm berharap bahwa produsen dapat mengukur, membedakan, dan mengembangkan produk lebih cepat di industri perangkat wearable yang terus tumbuh serta tersegmentasi.

Snapdragon W5 Gen 1 Perform

Chipset Snapdragon W5+ Gen 1 dan W5 Gen 1 diklaim Qualcomm menawarkan konsumsi daya 50% lebih rendah, kinerja 2 kali lebih tinggi, fitur 2 kali lebih kaya, dan ukuran 30% lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya.

Dirancang menggunakan arsitektur hybrid, kedua chipset ini terdiri dari teknologi fabrikasi 4nm. Sementara khusus Snapdragon W5+ Gen 1 memiliki prosesor pendukung 22nm always-on prosesor pendukung yang terintegrasi

Nantinya prosesor always-on ini dapat mengaktifkan Bluetooth 5.3 dengan konsumsi daya yang sangat rendah, low power islands untuk WiFi, GNSS, dan Audio, serta dukungan status daya rendah seperti Deep Sleep maupun Hibernate.

Nantinya perangkat wearable yang menggunakan Snapdragon W5+ Gen 1 atau Snapdragon W5 Gen 1 dapat mendukung jaringan 4G-LTE yang memiliki kecepatan tinggi. Bahkan pengguna perangkat tersebut dapat melakukan percakapan melalui teknologi VoLTE.

Snapdragon W5+ Gen 1 Spec

Lebih lengkapnya, Snapdragon W5+ Gen 1 mempunyai CPU dengan konfigurasi Quad-Core Cortex-A53 + Mono-Core Cortex-M55 250Hz. Sementara GPU menggunakan Adreno 720 1 GHz + 2.5D GPU.  Chipset ini juga sudah mendukung RAM LPDDR4 2133Hz dan machine learning U55.

Baca Juga  Kolektor Merapat! 6 Skin Hero Mobile Legends Baru Mei 2022

Untuk desain smartwatch, Qualcomm juga mengumumkan dua desain referensi dari Compal dan Pegatron yang menunjukkan kemampuan chipset dan kolaborasi Quaclomm dengan mitra ekosistem untuk membantu pengembangan produk menjadi lebih cepat.

Dikabarkan OPPO dan Mobvoi akan menjadi OEM pertama yang merilis produk wearable terbaru dengan chipset Snapdragon W5 Gen 1 Series ini. OPPO akan segera mengumumkan OPPO Watch 3 pada bulan Agustus 2022. Selain itu, terdapat juga sekitar 25 smartwatch dari beragam merek yang akan menggunakan chipset kelas ini.

Source link