Kenali Bedanya iPhone Ex Inter, OEM, Distributor, Ori iBox, dan Ori Inter Biar Tak Salah Beli!

Bedanya iPhone Ex Inter, OEM, Distributor, Ori iBox, Ori Inter - Header

CRCOID. – Saat membeli iPhone bekas maupun baru, kita akan dihadapkan pada berbagai macam istilah yang  digunakan oleh para penjual dalam mendistribusikan perangkat-perangkat dagangannya.

Termasuk beberapa di antaranya meliputi ex inter, OEM, distributor, ori iBox, maupun ori inter. Masing-masing istilah tersebut akan menggambarkan bagaimana kondisi perangkat, cakupan garansi, maupun saluran distribusi yang digunakan.

Mempelajari beberapa istilah tersebut karenanya sangat penting apalagi biasanya akan ikut mempengaruhi penentuan harga perangkat. Supaya lebih ringkas, kamu pun dapat mempelajari perbedaannya saja sebagaimana dalam penjelasan berikut.

Bedanya iPhone Ex Inter, OEM, Distributor, Ori iBox, dan Ori Inter

iPhone Ex Inter

iPhone ex inter adalah sebutan untuk perangkat bekas (second) yang diimpor dari luar negeri. Biasanya harganya akan lebih murah ketimbang handphone-handphone resmi meskipun sama-sama sudah pemakaian tangan kedua atau lebih.

Perangkat yang didistribusikan sebagai iPhone ex inter sudah tidak mempunyai garansi resmi. Hanya saja biasanya penjual akan menggantinya dengan garansi personal atau toko untuk memastikan perangkat tidak bermasalah.

Meskipun begitu, membeli iPhone ex inter sebenarnya sangat berisiko tinggi. Perangkat yang tidak terdistribusi secara resmi soalnya rawan diblokir sesuai dengan peraturan IMEI di Indonesia serta susah dibedakan dengan handphone rekondisi.

iPhone OEM

OEM merupakan singkatan kata dari Original Equipment Manufacturer. Biasanya mengacu pada komponen atau perangkat keras dengan kualitas seperti aslinya tetapi didistribusikan oleh perusahaan berbeda dari merek yang sebenarnya.

Selaras dengan hal itu, iPhone OEM adalah perangkat yang dijual dengan kotak dan aksesori penjualan bukan aslinya melainkan dari produk-produk OEM. Walaupun tidak menutup kemungkinan kadang-kadang juga diganti dengan perlengkapan palsu atau KW.

Baca Juga  Tim dengan Total Damage Terbesar di MPL, ONIC dan RRQ Hoshi Rajai Rajai Daftar

Perangkat-perangkat OEM umumnya diimpor ke Indonesia secara ilegal tanpa perlengkapan apapun untuk menekan biaya cukai. Baru setelah berhasil masuk, penjual akan menambahkan kotak maupun aksesori untuk meningkatkan daya tawar.

iPhone Distributor

Seperti namanya, iPhone distributor adalah perangkat yang dijual dengan garansi distributor non resmi di mana klaim perbaikannya tidak akan ditanggung oleh Apple melainkan pihak ketiga yang mendistribusikannya.

Saat terjadi kerusakan, proses perbaikan dan kualitas komponen penggantinya tentu sama sekali tidak akan diawasi oleh Apple. Jadi sangat mungkin kita memperoleh beberapa hal seperti suku cadang di bawah standar yang seharusnya kita terima.

Selain itu, banyak pelaku usaha jahat yang membungkus iPhone rekondisinya atau refurbish dengan garansi distributor. Kita makanya perlu cermat saat akan memilih perangkat yang menggunakan label ini supaya tidak tertipu.

Ori iBox

Sedikit informasi, Apple hingga saat ini belum mempunyai toko cabang di Indonesia. Mereka masih mendistribusikan berbagai macam perangkatnya lewat sejumlah distributor resmi yang mana salah satu di antaranya adalah iBox.

iPhone dengan label ori iBox merujuk pada perangkat-perangkat orisinal yang didistribusikan secara resmi oleh iBox di Indonesia. Jadi kita tak perlu khawatir akan kualitas produk serta cakupan proteksi garansi yang diusungnya.

Ori Inter

Sama dengan ori iBox, iPhone dengan label ori inter adalah perangkat orisinal yang dijual secara resmi oleh Apple. Hanya saja sebenarnya memang bukan untuk pasar Indonesia melainkan negara lain karena dibeli di luar negeri.

Perangkat yang termasuk ke dalam label ini biasanya masih bisa dicek keasliannya melalui halaman coverage Apple. Hanya saja untuk klaim garansinya memang tidak bisa dilakukan di Indonesia melainkan tetap harus di negara asalnya sehingga akan cukup merepotkan.

Baca Juga  5 Skill Wajib Dimiliki Social Media Marketing

Source link