Foto Portrait Kini Bisa Lebih Memukau Berkat Chipset MariSilicon X

OPPO-Indonesia-MariSilicon-X-1

CRCOID. – Melalui produk handphone flagship OPPO Find X5 Series yang telah dirilis di Indonesia sebelumnya, OPPO juga turut memberikan teknologi terbaru sebuah chip khusus atau Neural Processing Unit (NPU) yang bernama MariSilicon X.

NPU MariSilicon X juga akan hadir pada handphone OPPO Reno8 yang telah meluncur secara global dan di pasar Tiongkok. OPPO sendiri menghadirkan NPU MariSilicon untuk mendukung CPU dalam membantu kinerja perangkat khususnya pada sektor kameranya.

NPU MariSilicon X merupakan kartu grafis yang didukung oleh fotografi komputasional kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (Al) sehingga perangkat OPPO mampu menciptakan hasil foto dengan gambar yang jernih, jelas, dan terang dalam kondisi pencahayaan apapun.

Sebagai mesin pemrosesan gambar, MariSilicon X pada perangkat OPPO diklaim memiliki kecepatan pemrosesan lebih cepat dibandingkan dengan perangkat yang menggunakan DDR Bandwith. Hal ini dikarenakan MariSilicon X menggunakan Extra DDR Bandwith Dedicated dengan kecepatan transmisi data hingga 8,5 GB/s.

Hasilnya, MariSilicon X bisa menghasilkan kualitas foto dengan dukungan Ultra High Dynamic Range dengan rasio kontras 1.000.000 : 1 atau 4 kali dynamic range yang dihasilkan oleh perangkat OPPO Find X3 Pro.

Selain itu, MariSilicon X juga mampu menghasilkan foto portrait di depan sumber cahaya yang kuat karena dynamic range kartu grafis ini akan tetap memberikan struktur wajah yang sangat jelas dengan warna alami.

Ditambah lagi kartu grafis ini mempunyai mode RGBW yang menghadirkan tekstur 1,7 kali lebih jelas dan kecepatan pemrosesan file mentah bisa mencapai 2 kali lebih cepat. Untuk mengurangi gambar noise pada foto portrait malam, kartu grafis ini juga dibekali kecerdasan buatan pada masing-masing saluran warna R/G/B secara paralel.

 OPPO-Indonesia-MariSlicon-X

Aryo Meidianto A selaku PR Manager OPPO Indonesia menyampaikan bahwa MariSilicon X merupakan jawaban OPPO atas persepsi perbedaan hasil dan kualitas antara perangkat smartphone OPPO ketika menggunakan NPU yang berbeda-beda dari produsen chipset.

Baca Juga  Apple Punya Fitur yang Bisa Sensor Gambar Dewasa

“Proses menghasilkan sebuah gambar dari perangkat smartphone acap kali menimbulkan permasalahan konsumsi daya. Oleh karena itu, NPU MariSilicon X diciptakan untuk berfokus pada optimalisasi manajemen daya dan beban kerja komputasi kecerdasan buatan. Tidak hanya itu, NPU ini hadir untuk memberikan peningkatan kemampuan pencitraan smartphone baik untuk foto maupun video,” ujarnya.

Source link