Kelebihan dan Kekurangan vivo X80 – Punya Performa Ngebut!

Kelebihan dan Kekurangan vivo X80 Header

CRCOID. – Sebagai handphone kelas atas yang hadir di Indonesia, vivo X80 terbilang menarik karena memiliki bagian belakang dengan desain Ceramic Cloud Windows dan 3D Curve Design yang memiliki tekstur Fluorite AG Glass.

Terdapat pada tiga kamera belakang yang ditemani logo ZEISS yang berada pada lingkaran serta LED Flash memanjang di dalam kotak yang besar sehingga membuatnya terlihat sangat mencolok jika dilihat belakangnya.

Selain itu vivo X80 juga hadir dengan dukungan beberapa fitur game seperti Eagle Eye Mode, Dual Stereo Speaker, X-Axis Linear Motor, teknologi Ultra Large Liquid Cooling Vapor Chamber, dan AI Gaming Super Resolution.

Penasaran dengan apa saja kelebihan dan kekurangan vivo X80 yang patut untuk kamu perhatikan?

Kelebihan vivo X80

vivo X80 diotaki chipset MediaTek Dimensity 9000 (4nm) Octa-Core 3,05 GHz yang memiliki performa bertenaga dan sudah mendukung jaringan 5G dari operator di Indonesia dengan kecepatan download hingga 7 Gbps serta upload hingga 2,5 Gbps.

Untuk menyokong aktivitas multitasking aplikasi dan game dengan lancar, vivo mempercayakan RAM 12 GB dibenamkan pada perangkat ini. Sementara penyimpanan internalnya mencapai 256 GB sehingga mampu menampung banyak aplikasi, game, maupun file sekaligus.

Tersedia juga fitur Extended RAM 2.0 yang dapat menyediakan RAM Virtual 4 GB. Hal ini membuat vivo X80 dapat mempunyai RAM dengan kapasitas total yang mencapai 16 GB berkat kombinasi RAM 12 GB + RAM Virtual 4 GB.

vivo X80 Back

Fitur 80W FlashCharge yang hadir pada perangkat ini diklaim vivo mampu mengisi daya baterai 4.500mAh dari kondisi 0% ke 50% cuma dalam waktu 11 menit saja. Adapun fitur Reverse Charging memungkinkan vivo X80 bisa menjadi powerbank bagi handphone lain.

Baca Juga  Cara Merekam Telepon di HP, Mudah!

Pada bagian depannya, vivo X80 dibekali layar penuh 6,78 inci dengan teknologi AMOLED E5, HDR10+, resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel), dan tingkat kecerahan 1500nits sehingga mampu menampilkan konten dengan jernih, terang, serta luas.

Berkat penggunaan refresh rate 120Hz, layarnya mampu menghadirkan animasi game, gerakan transisi antar menu, dan gerakan video yang lebih mulus. Terdapat pula sensor fingerprint di dalam layar yang mampu merespon sidik jari dengan cepat.

vivo X80 Display

Sementara kamera depan 32 MP yang terdapat pada lubang atas layar dapat dimanfaatkan untuk foto selfie, wefie, vlogging dengan resolusi hingga 4K 30fps, hingga video call.

Ditambah lagi vivo bekerja sama dengan Zeiss untuk mengembangkan kamera belakang handphone ini agar mampu menghasilkan foto yang bagus. Tiga kamera belakang vivo X80 terdiri dari kamera utama 50 MP bersensor IMX866 dengan Ultra-Sensing, telephoto 12 MP, dan ultrawide 12 MP.

Kamera telephoto ini dimanfaatkan untuk fitur Portrait dengan kemampuan 2x Optical Zoom. Selain dimanfaatkan untuk mengambil foto dengan area luas, kamera ultrawide dimanfaatkan juga untuk fotografi makro.

Sensor NFC (Near Field Communication) yang hadir pada vivo X80 dapat membuat pembayaran transaksi digital, pengecekan saldo kartu e-money, dan transfer data antar perangkat dengan cepat.

Handphone ini juga dilengkapi dengan beragam fitur lainnya seperti port USB Type-C, WiFi 6, Infrared Blaster, Bluetooth 5.3, GPS, dukungan dua kartu SIM, dan Funtouch OS 12 berbasiskan Android 12.

Kekurangan vivo X80

Dengan harga Rp11.999.000, vivo X80 tidak dilengkapi dengan slot microSD sama sekali sehingga penggunanya harus memaksimal penyimpanan berkapasitas 256 GB yang ada. Apabila kapasitas internalnya mulai kepenuhan, maka pengguna dapat mencadangkan datan ke penyimpanan lain atau eksternal.

Baca Juga  Cara Backup Chat WhatsApp ke Google Drive

Tanpa hadirnya port jack audio 3,5mm, pengguna pun terpaksa harus menggunakan adaptor jack audio 3,5mm to USB Type-C apabila ingin menghubungkan perangkat audio dengan kabel ke vivo X80. Sebagai alternatifnya, pengguna dapat mencoba perangkat audio nirkabel dengan Bluetooth atau yang mendukung port USB Type-C.

Berdasarkan paparan di atas, terlihat bahwa vivo X80 merupakan salah satu smartphone kelas atas dengan kelebihan yang masih lebih banyak dibandingkan dengan kekurangannya. Dengan begitu, perangkat ini masih bisa bersaing dengan handphone lainnya di kisaran harga yang sama.

Source link