Evolusi Kamera OPPO Reno dari Masa ke Masa Hingga Munculnya NPU MariSilicon X

OPPO Reno5 camera feature

Reno merupakan lini handphone dari OPPO yang memiliki keunggulan dari sisi desain, fitur, dan inovasi yang menarik dari masa ke masa. Inovasi yang paling terlihat dari seri Reno ini terdapat kemampuan kamera berkualitas yang berkembang seiring berjalan waktunya.

Evolusi kamera seri Reno pun dibagi menjadi dua era yang terdiri dari Main Camera Era dan Portrait Era. Pada awal kehadiran Reno generasi pertama hingga ketiga ini menjadi Main Camera Era karena OPPO fokus terhadap kemampuan kamera belakang untuk menjadikannya salah satu fitur unggulan yang dapat dinikmati penggunanya.

Sementara kemunculan Reno generasi keempat hingga ketujuh menandakan hadirnya Portrait Era karena pada era ini OPPO menghadirkan beragam fitur Portrait yang mampu menghasilkan foto Potrait dengan efek yang unik dan menarik sehingga dapat menarik minat banyak orang untuk melihatnya.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai beragam fitur apa saja yang dihadirkan pada seri OPPO Reno di Main Camera Era dan Portrait Era, kamu dapat melihat uraian berikut ini:

OPPO Reno 10x Zoom

Reno-10x-Zoom-Back-Review

Sebagai seri Reno pertama, OPPO Reno 10x Zoom ini hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, periscope telephoto 13 MP, dan ultrawide 8 MP.

Adapun kamera utama handphone ini dibekali dengan fitur LDAF (Laser Detection Autofocus) yang mampu memfokuskan obyek dengan sangat cepat. Selain itu, kamera utamanya juga dibekali OIS (Optical Image Stabilization) yang dapat dengan stabil menghasilkan foto atau video walaupun penggunanya dalam kondisi bergerak.

Kamera periscope telephoto perangkat ini mampu membidik obyek dengan jauh hingga 5x Optical Zoom sehingga menghasilkan foto yang tajam. Tak hanya sampai di situ saja, OPPO telah merancang tiga kamera belakangnya agar mampu melakukan 10x Hybrid Zoom sehingga dapat menghasilkan foto dengan jelas walaupun dibidik dari jarak yang jauh.

OPPO Reno 10x Zoom pun telah dilengkapi dengan fitur Ultra Night Mode yang dapat menghasilkan foto malam hari dengan lebih terang, jelas, dan minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode.

OPPO Reno2

OPPOReno2 Featurer

Hampir mirip dengan Reno generasi pertama, OPPO Reno2 ini hadir dengan desain layar yang benar-benar memenuhi bagian depan karena kamera depannya terdapat pada bagian Shark Fin sehingga tersembunyi di dalam handphone.

Baca Juga  Disney Plus Bakal Sematkan Iklan 4 Menit Tiap Jam

Dinamakan Shark Fin karena akan muncul bagian seperti sirip hiu ketika kamera depan sedang diaktifkan atau LED Flash sedang dinyalakan. Tidak hanya sampai di situ saja OPPO Reno2 membawa fitur baru yang bernama Ultra Steady Video, Video Bokeh, dan Audio Zoom serta Audio Focus.

Fitur Ultra Steady Video ini dapat menstabilkan video yang direkam berkat kombinasi Gyroscope 800Hz, Optical Image Stabilizaiton (OIS), Electronic Image Stabilization (EIS), dan resolusi Full HD (1080p) 60fps.

Sementara fitur Video Bokeh memungkinkan subyek yang direkam akan menjadi lebih terfokus karena membuat latar belakang memiliki efek bokeh. Hasilnya subyek akan menjadi pusat perhatian utama dari orang yang melihatnya.

Fitur Audio Zoom & Audio Focus memungkinkan video yang diperbesar atau zoom ketika proses perekaman memiliki suara yang terdengar jelas dan baik karena terjadi pengurangan noise di lingkungan sekitar.

OPPO Reno3

OPPO Reno3 Unboxing Camera

Sejak awal diluncurkan, OPPO Reno3 sudah dilengkapi dengan fitur Ultra Clear 108MP Image yang dapat diaktifkan melalui fitur XHD (Extra HD) di aplikasi kamera bawaannya.

Dengan mengaktifkan fitur XHD, kamera utama OPPO Reno3 akan menghasilkan beberapa gambar secara bersamaan dan selanjutnya melakukan penyesuaian di setiap layer gambar hingga satu terkecil sub-pixel untuk koreksi warna, ketajaman, pengurangan noise, hingga penyesuaian dynamic range.

Berkat metode ini membuat foto yang dihasilkan memiliki ukuran besar mencapai 108 MP ditambah kaya warna, tajam, dan memiliki detail yang terjaga sehingga dapat dicetak pada media berukuran besar, seperti Spanduk, Baliho, dan Billboard.

Fitur Ultra Dark Mode ini mampu menghasilkan foto dengan terang dan jelas walaupun pengguna sedang memotret alam kondisi lingkungan sekitar yang hampir gelap. Pada saat kondisi pencahayaan sekitar 0,3 lux hingga 1 lux, maka fitur ini akan memberikan efek terkuatnya agar dapat menghasilkan foto yang sangat terang.

Pada saat ini pengguna mengaktifkan fitur Ultra Night Mode pada OPPO Reno3, maka kamera depan beresolusi 44 MP akan mengambil beberapa foto secara bersamaan dan mengombinasikannya untuk menciptakan foto selfie yang ideal.

OPPO Reno4

OPPO Reno4

OPPO meluncurkan Reno4 dengan menghadirkan tiga fitur andalannya yang terdiri dari AI Color Portrait, Night Flare Portrait, Ultra Night Mode. AI Color Portrait ini memungkinkan pengguna dapat membuat foto atau video unik dengan subyek yang masih mempertahankan warna aslinya, namun latar belakangnya berwarna hitam.

Baca Juga  Mafindo Ingatkan Publik untuk Waspadai Kejahatan Online Phising

Sementara Night Flare Portrait ini dapat menghasilkan foto dengan subyek yang terlihat jelas, namun bagian latar belakang memiliki efek neon artistik. Bisa dibilang fitur ini sangat cocok digunakan pada lokasi yang banyak mempunyai kelap-kelip lampu.

OPPO Reno4 juga hadir dengan dukungan fitur Ultra Night Mode yang mengalami peningkatan kemampuan dibandingkan generasi sebelumnya. Sementara terdapat juga fitur Ultra Dark Mode yang dapat aktif ketika kondisi lingkungan sekitar memiliki pencahayaan hampir gelap dari 0,3 lux hingga 1 lux.

OPPO Reno5

OPPO-Reno5-BoxDiagonal.jpg

Pada OPPO Reno5 sudah dibenamkan beberapa fitur menarik yang terdiri dari AI Mixed Portrait, AI Highlight Video, dan Dual-View Video. AI Mixed Portrait dapat menghadirkan video dengan efek eksposur ganda sehingga memberikan efek artistik yan seru dengan dua pilihan mode yang terdiri dari Blend atau Silhoutte.

Sementara AI Highlight Video merupakan fitur buatan OPPO yang menggunakan algoritma kecerdasan buata untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis melakukan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario yang berbeda.

Dengan fitur AI Highlight Video, mampu membuat video dengan subyek atau obyek dan latar belakang sama-sama terlihat jelas ketika dalam kondisi sinar matahari yang terik atau cahaya kuat. Sementara pada kondisi minim cahaya, video yang dihasilkan akan memiliki subyek atau obyek yang tajam serta cerah dan bagian latar belakangnya dibuat menjadi terang agar tetap terlihat.

Dual-View Video ini memungkinkan pengguna dapat merekam video dengan menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus. Untuk tampilannya terdapat tiga mode sekaligus yang terdiri dari Split, Round, dan Rectangle.

OPPO Reno6

OPPO-Reno6-BackAurora

OPPO menghadirkan peningkatan fitur Night Flare Portrait yang menjadi Bokeh Flare Portrait di OPPO Reno6. Fitur Bokeh Flare Portrait ini memungkinkan pengguna dapat menghasilkan foto dengan subyek yang fokus dan jelas, namun latar belakangnya berefek bokeh berpola bulat layaknya menggunakan kamera DSLR.

Terdapat juga fitur AI Portrait Beautification Video yang memungkinkan kamera depan untuk mendeteksi 194 titik bagian wajah utama sehingga dapat memberikan efek wajah yang mulus serta kecantikan alami pada video selfie atau vlogging yang dihasilkan.

Pada OPPO Reno6 ini pun sudah dihadirkan fitur AI Pallete yang memungkinkan pengguna dapat mengimplementasi komposisi warna dari wallpaper atau foto yang ada di handphone terhadap foto yang baru diambil dengan kamera handphone.

OPPO Reno7

OPPO-Reno7-HandsOnBack

OPPO Reno7 sudah dibekali fitur Ultra Sensing Selfie yang dikombinasikan dengan kamera depan bersensor Sony IMX709 sehingga menawarkan tingkat kemampuan menangkap cahaya yang lebih tinggi. Dengan lebih banyak cahaya ini memungkinkan pengguna dapat menghasilkan foto yang cerah dan jernih.

Baca Juga  Bawa LeoMurphy, Alter Ego Bungkam Geek Fam

Hasil yang paling terlihat adalah ketika pengguna menghasilkan foto Portrait berefek bokeh dengan fitur Auto Portrait maupun Bokeh Flare Portrait, dimana bagian terkecil subyek seperti rambut dapat berpotongan rapi dengan latar belakangnya yang berefek bokeh.

Terdapat juga fitur Selfie HDR dengan algoritma yang secara otomatis meminimalisir backlight pada latar belakang dan mempertahankan tone serta detail wajah sehingga membuat hasil foto Selfie memiliki subyek yang jelas dengan latar belakang yang terlihat jelas walaupun berada pada kondisi cahaya matahari yang terik.

Sementara dukungan fitur Portrait Retouching memanfaatkan algoritma AI untuk membuat wajah pada foto selfie tetap menjadi mulus dan natural. Dengan Portrait Retouching ini, pengguna pun dapat mengatur beberapa efek pada wajah agar terlihat lebih menarik di foto.

NPU MariSilicon X untuk seri Reno Terbaru

OPPO-Indonesia-MariSilicon-X-1

Terjadinya evolusi kamera dari OPPO Reno dari masa ke masa ini membuat OPPO terus melakukan inovasi agar dapat menghadirkan fitur yang terus meningkatkan setiap seri Reno baru muncul dibandingkan generasi sebelumnya.

Hal ini pun terlihat dari akan hadirnya NPU (Neural Processing Unit) MariSilicon X buatan OPPO yang akan dibenamkan pada handphone seri OPPO Reno8 selanjutnya. NPU ini akan memberikan peningkatan kemampuan pencitraan pada perangkat, baik untuk foto maupun video.

MariSilicon X ini dapat menghadirkan kualitas foto yang bagus pada handphone dengan dukungan Ultra High Dynamic Range dengan rasio kontras 1.000.000 : 1 atau 4 kali dynamic range yang dihasilkan oleh OPPO Find X3 Pro.

Dengan algoritma RAW terbaru, chipset MariSilicon X dapat melakukan pengurangan noise melalui kecerdasan buatan pada masing-masing saluran warna RGB secara parallel untuk menghasilkan foto Portrait malam yang jernih.

Foto MariSilicon X

Bocoran foto handphone dengan MariSilicon X

Bahkan OPPO pun sudah memperlihatkan sedikit bocoran mengenai hasil foto Portrait malam hari yang menarik menggunakan perangkat yang didukung NPU MariSilicon X. Hasilnya foto tersebut mampu memperlihatkan wajah subyek dengan jernih dan diiringin dengan beberapa bagian latar belakang yang terlihat jelas.

Namun untuk saat ini belum diungkapkan mengenai spesifikasi maupun kemampuan kamera dari seri Reno8 terbaru. Untuk itu kamu dapat menunggu hingga waktu lini handphone tersebut diluncurkan di Indonesia.

Source link