Ini Bagaimana Teknologi Audio dari Snapdragon Sound Bisa Membuat Kualitas Audio Lebih Baik

Snapdragon-Sound-Academy-2022

CRCOID. – Setelah dirilis secara global pada tahun 2021, kini Qualcomm kembali lagi hadir memperkenalkan lebih dalam terkait teknologi audio buatannya yang bernama Snapdragon Sound ke Indonesia.

Snapdragon Sound merupakan rangkaian atau ekosistem teknologi audio yang tersedia melalui beragam perangkat seperti handphone, perangkat audio TWS, dan headphone. Melalui Snapdragon Sound, Qualcomm ingin mencoba memberikan kualitas audio yang premium untuk pengguna handphone Android dan headphone.

Untuk menghadirkan kualitas audio premium, Snapdragon Sound secara sederhananya menawarkan kualitas audio tanpa kompresi sehingga pengguna bisa mendengarkan musik atau suara seperti aslinya. Lalu bagaimana teknologi audio Snapdragon Sound memberikan kualitas audio yang premium pada perangkat audio maupun handphone?

Dominikus Susanto selaku Senior Manager, Business Development, Qualcomm Indonesia mengatakan bahwa Snapdragon Sound memberikan kualitas musik dan suara atau voice yang lebih baik, minim latensi, hingga koneksi WiFi dan Bluetooth yang maksimal tanpa kompromi.

Melalui Snapdragon Sound, kualitas musik sendiri didukung oleh codec audio buatan Qualcomm yang disebut aptX Lossless. Teknologi aptX Lossless ini menghadirkan menghadirkan lossless audio 16-bit 44.1kHz berkualitas CD melalui konektivitas nirkabel Bluetooth untuk earbud dan headphone nirkabel.

Selain itu teknologi codec audio aptX Lossless juga menawarkan format audio musik HD 24-bit 48kHz dan juga mempunyai resolusi tinggi mencapai 24-bit 96kHz. Untuk perekaman suara, aptX voice Snapdragon juga bisa menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan kaya mencapai 32kHz.

aptX voice yang dirancang Qualcomm ini sudah mampu menghadirkan kualitas suara super wideband di mana diklaim Qualcomm lebih unggul dibandingkan narrowband dan wideband voice.

Selain teknologi aptX Lossless yang ditanamkan ke dalam perangkat audio, Snapdragon Sound juga terdapat pada perangkat handphone Andorid di kelas premium yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Series.

Baca Juga  Qualcomm Snapdragon W5 Gen 1 Series Dirilis, Chipset Perangkat Wearable dengan Fitur Canggih

Snapdragon-Sound-teknologi-1

Kepada tim CRCOID. Susanto menjelaskan bahwa Snapdragon Sound satu kesatuan rangkaian teknologi audio yang harus digunakan secara menyeluruh. Pengguna pun tidak bisa hanya menggunakan satu perangkat saja yang mendukung teknologi Snapdragon Sound untuk menikmati suara yang berkualitas tinggi layaknya mendengarkan langsung tetapi harus menggunakan bersamaan.

Qualcomm pun kini sudah berkolaborasi dengan beberapa produsen perangkat audio dan handphone populer di dunia untuk memperluas penggunaan teknologi Snapdragon Sound seperti ASUS, vivo, ZTE, OPPO, Xiaomi, Nubia, Motorola, dan Black Shark.

Saat ini Snapdragon Sound sudah mendukung 43 perangkat yang tersebar di dunia dan Qualcomm akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai produsen perangkat handphone dan audio.

Adapun handphone yang sudah mendukung Snapdragon Sound dan dijual di Indonesia antara lain ASUS ROG Phone 5 Ultimate, OPPO Find X5 Pro 5G,  Xiaomi 11T Pro, Xioami 11 Ultra, Xiaomi 12, Xiaomi 12 Pro, vivo X80 Pro, dan POCO F4 GT.

Sementara perangkat audio TWS atau headphone dengan wireless yang mendukung codec audio aptX Lossless Snapdragon Sound yang tersedia di Indonesia bisa dibilang masih jarang. Salah satu headphone yang menggunakan dukungan Snapdragon Sound dan dijual di Indonesia adalah Edifier STAX Spirit S3.

Edifier-Stack-Spirit-S3-dan-Motorola-Edge-X30.

Namun headphone Edifier STAX Spirit S3 menurut penelusuran tim CRCOID. kepada komunitas Snapdragon Insider Indonesia menyebutkan bahwa headphone tersebut masih tersedia di toko hobi audio saja sehingga sangat terbatas untuk didapatkan.

Dalam kesempatan yang sama, saya pun juga turut menjajal mendengarkan headphone Edifier STAX Spirit S3 dengan handphone Motorola Edge X30 yang tentunya ditenagai oleh Snapdragon Sound di mana keduanya sudah terhubung dengan koneksi Bluetooth.

Hasilnya, suara sangat jernih dan terasa di telinga saat volume saya tinggikan. Suara yang saya dengar seperti ketika saya mendengarkan langsung di dekat telinga saya.

Baca Juga  Ada FFIM-GFAW-UWDP, Masih Bisa Klaim Item BTS Keren Lewat Kode Redeem FF 12 April 2022

Suara setiap alat musik pun yang dimainkan di dalam lagu sangat jelas. Ditambah lagi suara dari penyanyi yang melantunkan lagu. Untuk perangkat handphone dan audio lainnya yang sudah dibekali Snapdragon Sound bisa mengakses situs resmi aptX Snapdragon Sound. 

Source link