ASUS Zenfone 9 Resmi Dirilis Dengan Snapdragon 8+ Gen 1

ASUS-Zenfone-9-1

CRCOID. – Akhirnya Asus secara resmi telah mengumumkan handphone flagship terbarunya yang bernama Zenfone 9. Sebagai penerus dari Zenfone 8, perangkat baru ini tampil dengan desain dan spesifikasi yang berbeda dari pendahulunya.

Menurut laporan GSM Arena, Zenfone 9 akan dipasarkan di wilayah Eropa terlebih dahulu dengan harga mulai dari 800 Poundsterling atau setara 14,5 jutaan rupiah untuk kapasitas RAM 8GB dan penyimpanan 128GB.

Kemudian akan dijual di wilayah lainnya seperti di Taiwan, Hong Kong, Amerika Utara, Amerika Selatan, Jepang, dan termasuk Indonesia sendiri. Bersamaan dengan peluncurannya, Zenfone 9 juga ditemani dengan aksesoris tambahan khusus yang mencakup casing, smart stand, dan card holder.

Handphone baru ini mempunyai empat varian warna yang bisa dipilih yaitu hitam, putih, merah, dan biru. Dari segi performa, handphone baru ini ditenagai oleh Snapdragon 8+ Gen 1 Octa-Core (4nm) buatan Qualcomm.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5 dan penyimpanan internal UFS 3.1. Selain menyediakan kapasitas RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, Zenfone 9 juga turut memiliki kapasitas penyimpanan lainnya meliputi RAM 8GB + ROM 256GB dan RAM 16GB + ROM 256GB. Bila kurang puas, Zenfone 9 juga masih menyediakan selot microSD.

Di sisi tampilan,  Zenfone 9  hadir dengan layar berukuran 5,9 inci di mana ukurannya lebih kecil dibanding Zenfone 8. Layar Zenfone 9 juga mendukung resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) berpanel AMOLED, refresh rate 120Hz, tingkat kecerahan 1100 nits, 112% DCI-P3, dan HDR10+. Layarnya juga dilindungi lapisan anti gores Corning Gorilla Glass Victus.

Sementara pada sektor fotografi, lensa depannya berada pada desain punch hole layar di sudut kiri atas dengan resolusi 12 MP yang dibekali sensor Sony IMX663 berukuran 1/2,93 inci dan aperture f/2,45 serta Dual PDAF.

Baca Juga  Dijual 12 Jutaan Rupiah, Penyedot Debu Canggih Dyson V12 Detect Slim Dirilis di Indonesia

ASUS-Zenfone-9-Kamera.

Beralih ke kamera belakangnya terdapat konfigurasi dua lensa berupa lensa utama 50MP dengan sensor Sony IMX766 berukuran 1/1,56 inci yang juga didukung oleh gimbal 6 sumbu dan aperture f/1,9, OCL PDAF, dan satu LED flash.

Terdapat pula lensa sudut lebar beresolusi 12MP dengan sensor Sony IMX363 berukuran 1/2,55 inci  dan aperture f/2,2, sudut luas 113º, 4cm penangkapan makro, dan Dual PDAF. Kamera belakang Zenfone 9 juga memiliki fitur-fitur seperti Portrait, format file RAW, Pro video, Panorama, Night, Timelapse, dan Slo-mo.

Soal perekaman video dengan lensa utama mampu merekam gambar dengan resolusi paling tinggi mencapai 8K UHD pada 24 fps dengan EIS. Sedangkan perekaman video dengan lensa depan bisa mencapai resolusi 4K pada 30fps.

ASUS-Zenfone-9-3

Baterainya berkapasitas 4.300mAh yang dilengkapi fitur pengisian cepat 30W. Handphone ini pun menyediakan pemindai sidik jari untuk masuk ke dalam sistem operasi Android 12. Pemindai sidik jarinya berada di sisi kanan samping bodinya yang juga bisa berperan untuk menggerakkan layar.

Berkat sertifikasi IP68, Zenfone 9 sudah tahan terhadap cipratan air dan debu. Pada aspek audio, perangkat ini pun sudah didukung speaker dual stereo Dirac HD Sound, teknologi audio Snapdragon Sound, dan dua mikrofon dengan OZO Audio Noise Reduction. Tak ketinggalan tersedia fitur-fitur pelengkap seperti WiFi 6E, Bluetooth 5.2, NFC, dual SIM, GPS, 5G, dan 3,5 jack audio.

Source link