Kelebihan dan Kekurangan vivo X80 Pro – Punya Gimbal dan Lensa Telephoto

Kelebihan dan Kekurangan vivo X80 Pro Header

CRCOID. – vivo rajin mengeluarkan handphone kelas atas dengan dukungan fitur-fitur yang ditingkatkan setiap tahunnya melalui seri flagship vivo X.

Pada tahun 2022, vivo pun tak absen mengeluarkan handphone flagship baru lewat seri vivo X80 yang hadir dalam dua model yaitu vivo X80 biasa dan vivo X80 Pro.

vivo X80 Pro merupakan seri paling mahal dan dibekali fitur-fitur paling lengkap dibandingkan saudaranya. Walaupun begitu keduanya sama-sama menggunakan chipset dengan fabrikasi 4nm dan didukung lensa ZEISS pada sektor kameranya.

Tentunya vivo X80 Pro membawa spesifikasi lebih unggul dibandingkan dengan vivo X80. Hal ini pada dukungan stabilisasi dan lensa telephoto. Dari segi desain, keduanya tampil premium dengan mengusung desain Ceramic Cloud Windows dan 3D Curve Design yang memiliki tekstur Fluorite AG Glass.

Terlepas dari gebrakan yang dihadirkan, vivo X80 Pro dengan beberapa kelebihan fitur-fiturnya bisa dibilang tetap memiliki kekurangan yang perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan vivo X80 Pro

Daya tarik vivo X80 Pro paling mencolok terletak pada layarnya yang besar di mana memiliki ukuran 6,78 inci yang didukung panel AMOLED beresolusi WQHD+ (3200 x 1440 piksel) dan refresh rate 120Hz.

Layarnya yang besar bakal membuat pengguna vivo X80 Pro tentunya lebih puas dan leluasa berselancar menikmati beragam konten. Ditambah lagi refresh rate 120Hz yang membuat pergerakan layar sangat mulus.

vivo-X80-5G-hitam

Kemudian pada dapur pacunya, vivo X80 Pro menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen1 buatan Qualcomm. Chipset ini pun sudah didukung jaringan 5G dan dibekali teknologi audio Snapdragon Sound untuk mendengarkan musik dengan kualitas yang sama persis seperti tanpa kompresi.

Tak ketinggalan, chipset vivo X80 Pro juga ditemani RAM LPDDR5 12GB dan penyimpanan UFS 3.1 256GB dengan fitur Extended RAM 2.0 hingga 4GB. Kelebihan lain yang ada pada vivo X80 Pro merupakan dukungan fitur kamera belakangnya yang lengkap termasuk memiliki gimbal stabilisasi dan lensa telephoto yang kemudian disokong dengan chip vivo V1.

Baca Juga  Segera Hadir di Indonesia, Laptop Bisnis Pertama dengan Konektivitas 4G dan 5G dari ASUS

Ada empat konfigurasi kamera di bodi belakang vivo X80 Pro. Lensa utama perangkat ini menariknya sudah mempunyai resolusi 50MP dengan aperture f/1,57 dan Ultra-Sensing GNV Sensor dengan OIS Camera.

Lalu pada lensa sudut lebar menyajikan resolusi 48MP dengan aperture f/2,2, lensa Gimbal Portrait 12MP dengan aperture f/1,85 dan pembesaran optik 2x, serta lensa periskop 8MP dengan aperture f/3,4 dan pembesaran 5x.

vivo-X80-Series-Pre-Launch-10

Sementara lensa depannya menggunakan resolusi 32MP dengan aperture f/2.45. Handphone ini pun sudah menyediakan fitur pengisian cepat 80W dan memiliki fitur NFC untuk mendukung pembayaran non tunai maupun menigsi e-money.

vivo X8o Pro pun menyediakan port USB Type-C, koneksi cepat WiFi 6, serta Bluetooth 5.3. Fitur tambahan lainnya yang juga telah diberikan seperti mengantongi sertifikasi tahan cipratan air dan debu IP68, Infrared Blaster, dual SIM, dan Funtouch OS 12 berbasiskan Android 12.

Kekurangan vivo X80 Pro

Layar vivo X80 Pro yang belum didukung sertifikasi perlindungan terhadap paparan sinar biru. Selain itu kapasitas baterainya yang hanya 4.700mAh sedikit di bawah rata-rata handphone kini yang mencapai 5.000mAh. Sementara itu, perangkat ini sayangnya tidak memiliki slot microSD dan port 3,5mm headphone jack.

Hal itu mungkin dikarenakan tren perangkat audio yang sudah mulai banyak yang menggunakan koneksi nirkabel. Namun begitu, vivo juga menyediakan XE710 Type-C earjack dalam kemasan pembeliannya. Yang terakhir, vivo X80 Pro hanya memiliki satu varian warna hitam saja sehingga pembeli tidak bisa mempunyai pilihan lain.

Source link