Apa Itu Snapdragon Sound yang Janjikan Dukungan Suara Lebih Baik di Perangkat Nirkabel?

Apa Itu Snapdragon Sound - Header

CRCOID. – Seiring dengan perkembangan industri perlengkapan audio nirkabel yang semakin pesat, Qualcomm mengembangkan sebuah teknologi bernama Snapdragon Sound untuk chipset buatannya.

Teknologi ini diperkenalkan oleh Qualcomm pada tahun 2021 lewat chipset Qualcomm Snapdragon 888. Sekarang teknologi ini sudah mulai diadopsi oleh beberapa handphone termasuk ASUS ROG Phone 5, Xiaomi 12, vivo X80 Pro, hingga POCO F4 GT.

Apa yang ditawarkan oleh teknologi Snapdragon Sound tentu saja dapat membawa sejumlah manfaat kepada para pengguna. Adapun buat kamu yang belum mengetahuinya dapat menyimak secara lebih lebih lanjut dalam penjelasan berikut.

Apa Itu Qualcomm Snapdragon Sound?

Snapdragon Sound adalah set teknologi yang dirancang oleh Qualcomm untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan lewat perangkat audio nirkabel seperti TWS (True Wireless Stereo) maupun headset Bluetooth.

Lewat teknologi ini, Qualcomm menjanjikan dukungan musik beresolusi tinggi (high-resolution), panggilan suara yang jernih, hingga audio bebas lag saat bermain game dengan koneksi superior dan ketahanan baterai lebih baik.

Untuk mencapai beberapa tujuan tersebut, Qualcomm memanfaatkan berbagai macam teknologi audio, pemrosesan, dan konektivitas yang tersedia di dalam ekosistem buatannya untuk merancang Snapdragon Sound.

Termasuk beberapa di antaranya seperti chipset handphone kelas atas, sistem Qualcomm FastConnect, SoC untuk Bluetooth Audio, codec aptX, cVc (clear voice clear), Qualcomm TrueWireless Stereo, Qualcomm Aqstiq, maupun ANC (Active Noise Cancellation).

Dengan memakai berbagai macam teknologi itu, Snapdragon Sound diklaim mampu menghadirkan transmisi audio beresolusi tinggi 24-bit 96kHz serta rekaman suara berkualitas super wideband hingga 32kHz.

Secara sederhana, angka-angka di atas menunjukkan bahwa Snapdragon Sound dapat menghadirkan dukungan suara yang sangat bagus. Bahkan bisa dikatakan setara dengan apa yang ditawarkan oleh headset kabel berkualitas tinggi dan sambungan telepon rumah.

Baca Juga  iPhone SE 2022 Tiba, iPhone SE 2020 Tak Lagi Dijual

Yang tak kalah menarik, Snapdragon Sound juga mengadopsi teknologi aptX Lossless yang memungkinkan suara bisa dipertahankan sesuai aslinya. Misalnya musik jadi bisa terdengar identik seperti rekaman.

Dalam hal ini, Snapdragon Sound dirancang untuk menghasilkan suara berkualitas Lossless CD 16-bit 44,1kHz saat mendengarkan konten-konten dari layanan streaming lossless seperti Amazon HD.

Source link