Fitur Security ColorOS 12.1 di Reno8 Series Bikin Data Kamu Lebih Aman

OPPO ColorOS 12-1 Security Feature

CRCOID. – OPPO Reno8 Series yang hadir di Indonesia sudah menggunakan sistem operasi ColorOS 12.1 yang berbasiskan Android 12.

Dalam ColorOS 12.1 ini, kamu dapat menemukan berbagai fitur menarik yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari. Apalagi terdapat fitur keamanan atau security yang dapat membuat privasi kamu tetap terjaga.

Tidak hanya fitur standar seperti sistem pengunci kata sandi dan sensor fingerprint, ColorOS 12.1 ini juga menghadirkan fitur keamanan untuk menyembunyikan serta mengunci aplikasi, menyembunyikan file, memproteksi aplikasi keuangan, hingga meminta password ketika mematikan perangkat.

Dengan banyaknya fitur keamanan ini, tentunya kamu akan merasa lebih aman ketika menggunakan OPPO Reno8 Series dalam rutinitas harian.

Fitur Security Pada ColorOS 12.1 di Reno8 Series

Sistem Kunci dan Biometrik

OPPO ColorOS 12-1 Biometric

Hampir sama dengan handphone Android pada umumnya, Reno8 Series yang menggunakan ColorOS 12.1 sudah didukung sistem penguncian layar yang dapat diterapkan menggunakan PIN (berbasis angka), Password (angka, huruf, serta karakter), dan Pattern (berbasis pola).

Untuk memudahkan dalam pembukaan kunci layar, semua handphone OPPO Reno8 Series telah dilengkapi dengan sensor fingerprint di dalam layar dan fitur Face Unlock yang dapat memindai wajah dengan kamera depan.

Meskipun di dalam layar, namun sensor fingerprint Reno8 Series mampu memindai sidik jari dengan responsif. Sementara fitur Face Unlock dapat memindai wajah dengan baik di berbagai kondisi, baik cahaya cukup maupun minim cahaya.

Password untuk Power Off

OPPO ColorOS 12-1 Require Password to Power off

ColorOS 12.1 memiliki keunggulan dibandingkan sistem operasi OPPO generasi sebelumnya di mana telah hadir dengan fitur permintaan password ketika perangkat Reno8 Series akan dimatikan sehingga mencegah pencuri atau orang tidak bertanggung jawab untuk mereset handphone.

Baca Juga  Perjalanan Timnas MLBB di SEA Games 2019, Tahun Ini Diharap Lebih Baik

Untuk bisa mengaktifkan fitur yang satu ini, kamu dapat mengikuti langkahnya sebagai berikut ini:

  1. Buka aplikasi Settings di handphone
  2. Masuk ke menu Password & security
  3. Pilih opsi System security dan pilih Require password to power off
  4. Tekan tombol toggle di sebelah Require password to power off hingga menyala atau berwarna
  5. Selamat,fitur telah aktif

Setelah fitur ini aktif, maka permintaan pengisian password, PIN, atau Pattern akan muncul pada saat kamu atau orang lain ingin mematikan handphone OPPO Reno8 Series dengan ColorOS 12.1.

Namun jika kamu telah mengaktifkan fitur pemindai sidik jari, maka sistem pada ColorOS 12.1 akan meminta kamu menempelkan sidik jari pada sensor fingerprint setiap kali ingin mematikan perangkat.

App Lock dan Hide Apps

OPPO ColorOS 12-1 App Lock

Untuk menjaga privasi agar aplikasi tidak dapat diakses oleh sembarang orang di OPPO Reno8 Series, OPPO telah menghadirkan fitur App Lock dan Hide Apps pada Color OS 12.1.

Fitur App Lock memungkinkan setiap aplikasi yang terkunci akan meminta Password, Pattern, PIN, maupun sidik jari ketika ingin dibuka oleh kamu. Hal ini tentunya membuat orang lain yang ingin membuka aplikasi tersebut harus meminta izin keamanan kepada kamu.

Sementara fitur Hide Apps memungkinkan aplikasi disembunyikan sehingga tidak dapat terlihat di halaman Home Screen maupun Drawer Apps.

Untuk bisa melihat kembali aplikasi yang telah disembunyikan, maka kamu harus menekan kode tertentu pada aplikasi Phone dengan kombinasi #[angka]#. Misalnya #2122# dan secara otomatis akan memperlihatkan aplikasi yang telah disembunyikan.

Namun apabila kamu mematikan kedua fitur ini, maka aplikasi dapat dikembalikan seperti yang dapat langsung diakses melalui halaman Home Screen maupun Drawer Apps.

Baca Juga  Cara Membuat PPT di HP Gunakan Aplikasi Canva

Private Safe

OPPO ColorOS 12-1 Private Safe

Bagi kamu yang ingin menyembunyikan file penting agar tidak dilihat oleh sembarang orang, maka fitur Private Safe yang hadir pada ColorOS 12.1 dapat mewujudkan hal tersebut.

Nantinya file yang disembunyikan ini akan tersimpan di halaman Private Safe yang hanya bisa diakses apabila kamu memilih Password, Pattern, PIN, atau sidik jari pada handphone.

Dalam halaman Private Safe, terdapat empat kategori folder untuk menyimpan file yang terdiri dari Images and videos, Audio, Documents, dan Other files. Selain jenis file dari tiga kategori utama, maka secara otomatis masuk ke folder Other files.

Tentunya hal sangat membantu kamu apabila ingin menyembunyikan foto, video, maupun dokumen yang bersifat pribadi agar tidak dapat diakses oleh orang lain karena tidak dapat dilihat secara langsung melalui aplikasi Photos maupun File Manager.

Nantinya setelah fitur Private Safe aktif, maka kamu hanya perlu memilih foto, video, audio, dokumen, maupun jenis file lainnya agar diatur ke Set as Private. Sementara jika ingin memunculkannya lagi, maka dapat memilih file dan atur ke Set as Public pada halaman Private Safe.

Proteksi Untuk Keuangan

OPPO ColorOS 12-1 Payment Protection

Bisa dibilang Payment Protection merupakan salah satu fitur menarik yang hadir pada ColorOS 12.1 karena dapat menjaga keamanan ketika kamu sedang mengakses aplikasi perbankan maupun melakukan pembayaran secara online di berbagai situs.

Fitur Payment Protection ini hadir dengan Secure Keyboard sehingga dapat mencegah perekaman input angka atau teks yang dilakukan oleh keylogger maupun malware dan memberikan pencegahan pengiriman data yang diinput ke jaringan internet.

Pada saat membuka aplikasi yang melibatkan keuangan, maka fitur Payment Protection akan aktif dengan memberikan ikon huruf S di dalam tameng pada bagian Status Bar yang mengisyaratkan bahwa aplikasi telah diproteksi. Rata-rata fitur Payment Protection akan aktif ketika aplikasi perbankan dan e-commerce dibuka.

Baca Juga  Murah! Xiaomi Redmi 10A Resmi Dirilis di Pasar Tiongkok

Source link