Gunakan Sensor Sony IMX709, Ini Hasil Jepretan Kamera Depan OPPO Reno8

OPPO Reno8 - Front Camera

CRCOID. – Selain memiliki dukungan multi kamera di bagian belakangnya, OPPO Reno8 hadir dengan kamera depan 32 MP yang memiliki sensor Sony IMX709 sehingga dapat mendukung penggunanya dalam menghasilkan foto selfie Portrait yang menarik.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, sensor Sony IMX709 menjadi istimewa bagi OPPO karena merupakan hasil pengembangan bersama dengan Sony selama tiga tahun dengan nilai investasi lebih dari US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21,5 miliar yang melibatkan 300 engineer dan menghasilkan 87 paten.

Sensor Sony IMX709 ini mengalami peningkatan sensitivitas cahaya 60% dan penurunan noise 35% dibandingkan dengan sensor IMX615 yang terdapat pada OPPO Reno6 Pro generasi sebelumnya.

Sony IMX709 memiliki desain array piksel yang canggih dengan hadirnya sensor RGBW (Red, Green, Blue, dan White) di mana terdapat piksel putih yang tidak ditemukan pada sensor kamera handphone RGGB (Red, Green, Green, dan Blue) tradisional.

OPPO Reno8 Display

Hadirnya piksel putih ini dapat menangkap spektrum penuh dari cahaya dan lebih sensitif cahaya dibandingkan piksel lain sehingga memungkinkan sensor kamera menangkap lebih banyak cahaya.

Didukung algoritma Quadra Binning hasil pengembangan OPPO, sensor ini dapat meningkatkan asupan cahaya tanpa mengurangi informasi warna, dimana terjadi penambahan dua piksel putih di setiap empat piksel.

Hal ini membuat setiap piksel dapat mendeteksi serta mengenali sinyal merah, hijau, biru, dan putih. Algoritma ini diintegrasikan langsung pada sensor IMX709 yang membuatnya hemat daya, meningkatkan efisiensi dalam pemrosesan gambar, dan kompatibilitas lintas platform dengan chipset Qualcomm maupun MediaTek.

Dengan begitu, sensor Sony IMX709 memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap lingkungan rendah cahaya sehingga bakal mampu menghasilkan foto dengan terang dan jernih pada kondisi minim cahaya atau malam hari.

Baca Juga  Kominfo Gelar Program Pendampingan Smart City

Untuk membuktikan klaim kemampuan dari sensor Sony IMX709 yang dibenamkan pada kamera depan OPPO Reno8, saya pun langsung menggunakannya untuk mengambil foto selfie dengan berbagai kondisi, baik siang hari maupun malam hari.

Pada saat kondisi siang hari, kamera depan OPPO Reno8 ini dapat menghasilkan foto selfie yang baik dengan subjek memiliki wajah mulus dan latar belakang yang terlihat jelas ketika diambil menggunakan mode Auto.

OPPO Reno8 - Selfie - Auto

Selfie – Auto

Beralih ke mode Portrait standar, terlihat bahwa hasil foto selfie menghadirkan subjek yang terlihat fokus, terang, dan jernih, namun sudah memiliki latar belakang dengan efek bokeh. Perpotongan antara subjek dan latar belakang terlihat jelas, terutama pada bagian kerudungnya.

OPPO Reno8 - Selfie - Potrait Standar

Selfie – Potrait Standar

Dilanjutkan ke mode Portrait dengan efek Bokeh Flare Portrait, terlihat bahwa hasil foto selfie pun menghadirkan subjek yang fokus dan jernih ditambah latar belakangnya memiliki efek bokeh berpola bulat.

Efek Bokeh Flare Portrait ini membuat cahaya yang berada di bagian latar belakang memiliki pola-pola bulat layaknya ketika mengambil foto dengan kamera profesional. Semakin banyaknya cahaya yang terdeteksi, tentunya akan membuat pola bulat ini semakin banyak sehingga memberikan kesan foto selfie yang unik serta menarik.

OPPO Reno8 - Selfie - Bokeh Flare Portrait

Selfie – Bokeh Flare Portrait

Beralih ke kondisi malam hari dengan menggunakan mode Auto, kamera depan OPPO Reno8 dapat cukup baik dengan menghasilkan foto dengan subjek dan latar belakang yang jelas.

OPPO Reno8 - SelfieMalam - Auto

Selfie – Auto

Sementara pada saat menggunakan mode Ultra Night, terlihat hasil foto selfie malam harinya menjadi lebih terang dan minim noise dibandingkan mode Auto.

OPPO Reno8 - SelfieMalam - Ultra Night

Selfie – Ultra Night

Sedangkan ketika menggunakan mode Bokeh Flare Portrait, foto selfie dapat menunjukkan subjek yang terlihat fokus serta terang, namun latar belakangnya berefek bokeh berpola bulat karena terdapat banyak cahaya lampu.

OPPO Reno8 - SelfieMalam - Bokeh Flare Portrait

Selfie – Bokeh Flare Portrait

Meskipun hanya menggunakan satu kamera depan saja, namun berkat dukungan sensor IMX709 terlihat bahwa foto selfie yang dihasilkan memiliki subjek dengan terpisah secara rapi dan latar belakangnya berefek bokeh berpola bulat berkat banyaknya cahaya yang tertangkap oleh kamera.

Baca Juga  Rumor, Qualcomm Akan Umumkan Snapdragon 8 Gen 1+ pada Mei 2022

Dari hasil gambar di atas, terlihat bahwa memang sensor IMX709 yang dibenamkan pada kamera depan 32 MP yang terdapat di handphone OPPO Reno8 mampu menghasilkan foto selfie dengan terang dan minim noise di berbagai kondisi, baik siang dan malam hari.

Source link