Samsung Hadirkan Teknologi Panel TV Generasi Baru, Gambar Jadi Semakin Jernih

Samsung-New-Screens

CRCOID. – Samsung Electronics kembali meramaikan CES 2023 dengan memperkenalkan teknologi layar terbarunya untuk produk televisi pintar beserta pembaruan perangkat lunak.

Dalam pembaruannya ini, Samsung menghadirkan teknologi layar yang memungkinkan hasil gambar semakin jernih dari pendahulunya dan juga membawa fitur-fitur pelengkap untuk memberikan pengalaman pengguna seperti menonton, bermain game, hingga konektivitas ke perangkat lain lebih mudah melalui SmartThings.

Akses SmartThings pada setiap teknologi layar Samsung yang diberikan kini langsung ditanamkan ke dalam produk Samsung sehingga pengguna tidak perlu lagi membeli dongle SmartThings secara terpisah untuk menghubungkan dan mengontrol perangkat Zigbee dan Thread.

Pada tahun 2023, ada tiga teknologi layar yang ditawarkan Samsung mencakup Neo QLED, MICRO LED, dan OLED. Sebelumnya Neo QLED 2022 mengusung resolusi layar 8K dan 4K dengan prosesor Neural Quantum yang dilengkapi teknologi Mini LED, Shape Adaptive Light Control, dan Real Depth Enhancer Pro.

Kini Neo QLED 2023 menghadirkan teknologi baru yang memungkinkan gambar lebih jernih dari pendahulunya dengan menyematkan  Auto HDR Remastering untuk menghasilkan kualitas resolusi yang lebih tinggi lagi. Teknologi ini dibekali Al untuk menganalisa efek HDR pada konten di layar dengan standar gambar SDR sehingga bisa menjadi terang serta imersif.

Kemudian untuk teknologi layar dengan MICRO LED di tahun 2023 menambah model ukurannya dari 50″ hingga 140″ sehingga lebih banyak pilihan untuk para pengguna. Begitu juga untuk layar OLED 2023 tersedia dalam model baru untuk ukuran 55″, 65″, dan 77″.

Menariknya layar OLED 2023 telah ditenagai prosesor Neural Quantum yang sebelumnya hadir untuk Neo QLED  untuk menghasilkan gambar yang lebih cerah dengan warna yang tajam.

Baca Juga  Samsung Galaxy S23 Tidak Naikkan Harga Demi Bersaing dengan Apple

Ditambah lagi teknologi layar OLED 2023 mempunyai refresh rate 144Hz serta mendukung Samsung Gaming Hub dan sertifikasi AMD FreeSync Premium Pro untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game di layar OLED.

Samsung-Neo-QLED-8K-TV

Tak lupa penambahan channel menonton juga diberikan melalui Samsung TV Plus dengan menghadirkan layanan Free Ad-Supported TV (FAST) yang menyajikan lebih dari 1.800 channel secara global termasuk lebih dari 50 channel milik jaringan, menjangkau 24 negara dan 465 juta perangkat secara global.

Layanan ini secara bawaan langsung tersedia pada setiap teknologi layar TV Samsung 2023 dan pengguna tidak perlu berlangganan, membayar, atau menggunakan alat tambahan. Lalu dukungan fitur bermain game pada jajaran teknologi layar TV 2023 melalui Samsung Gaming Hub menampilkan pembaruan pada berandanya dengan GameBar 3.0.

GameBar 3.0 menyajikan fitur-fitur baru berupa MiniMap Sharing dan Virtual Aim Point untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan berbagi MiniMap memungkinkan pemain bisa melihat peta mini game mereka secara sekilas di layar apa pun.

Samsung-MICRO-LED-TV-2023

Sedangkan Virtual Aim Point dirancang untuk pemain FPS agar mudah melihat garis bidik yang lebih jelas di game apapun sehingga bisa menembak secara akurat. Selain tersedia di jajaran teknologi layar TV 2023, Samsung Gaming Hub juga hadir di monitor pintar untuk bermain seperti seri Odyssey.

Bersamaan dengan teknologi layar terbarunya, Samsung turut mengumumkan teknologi AI Sound Remastering untuk jajaran TV dan speaker soundbar Samsung agar menghasilkan suara lebih imersif.

Produk speaker soundbar terbarunya juga turut diperkenalkan meliputi Soundbar HW-Q990C yang mendukung 11.1.4 channel suara dan Soundbar HW-S800B dengan 3.1.2 channel yang keduanya tersertifikasi Dolby Atmos.

Source link