Trafik Broadband Tumbuh 11,6 Persen selama Momen Nataru 2022, Layanan Komunikasi Mendominasi

CRCOID – Trafik akses broadband Telkomsel tercatat tumbuh 11,6 persen dibanding rerata hari biasa 2022, sepanjang Nataru 2023.

Jumlah ini melonjak hingga 13 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selama momen perayaan NARU 2022/2023, peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital, berimbas pada kenaikan trafik layanan data (payload) sebesar 11,6 persen, dibandingkan dengan rerata hari biasa di tahun 2022 atau sekira 13 persen jika dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya, dengan total payload mencapai 49,8 petabyte.

Lonjakan trafik didorong oleh peningkatan akses media sosial hingga 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen, video streaming sekira 6,1 persen.

Baca Juga:
Trafik Internet Naik Saat Nataru

Kemudian mobile gaming yang melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing tumbuh 79,8 persen, dan layanan e-commerce turun hingga 0,3 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/ platform digital favorit, seperti WhatsApp (tumbuh 32,9 persen), TikTok (meningkat 11,3 persen), Instagram (naik 24,6 persen), YouTube (turun 0,9 persen) dan Facebook (naik 6,5 persen).

Ilustrasi Telkomsel
Ilustrasi Telkomsel

Sedangkan untuk trafik layanan SMS tumbuh sebanyak 10,5 persen dan layanan suara mengalami penurunan trafik sekira 4,1 persen.

“Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen NARU 2022/2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa,” ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono dalam keterangan resminya, Kamis (5/1/2023).

Mulai dari wilayah Bogor (Provinsi Jawa Barat) tumbuh sekira 15,7 persen, Kabupaten Simalungun (Provinsi Sumatera Utara) tumbuh 41,7 persen, Kabupaten Bandung (Provinsi Jawa Barat) sebesar 15,3 persen.

Baca Juga:
Liburan Nataru 2022 ke Kebun Raya Bogor? Sempatkan Melihat Keindahan Musim Bunga Suku Annonaceae

Baca Juga  Newcastle United Semakin Tak Terkalahkan di 15 Pertandingan usai Tahan Imbang Crystal Palace

Sementara Kabupaten Deli Serdang (Provinsi Sumatera Utara) naik sekira 15,22 persen, dan Kota Bekasi (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 11,06 persen.

Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik, seperti Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (tumbuh 2,9 persen), Jawa Barat (naik 2 persen), dan Sumatera Utara & Aceh (meningkat hingga 1,5 persen).

“Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan agar kita semua dapat terus bergerak maju dengan ragam produk dan layanan yang customer centric dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terdepan,” pungkas Saki.



Source link