Bisa Jadi Charging Pad, Samsung Perkenalkan SmartThings Station dengan Ragam Fungsi

Samsung SmartThings Station 02

CRCOID. – Melengkapi aplikasi SmartThings untuk koneksi ke perangkat lain, Samsung Electronic membuat perangkat baru yang bernama SmartThings Station. Perangkat ini bisa membantu pengguna menyalakan berbagai perangkat di rumah secara bersamaan.

SmartThings Station menjadi perangkat tambahan pada aplikasi SmartThings untuk memudahkan pengguna mengoperasikan semua perangkat di rumah hanya dengan memencet tombol Smart Button yang ada di pojok kanan atas  bodi perangkat SmartThings Station.

Menariknya, SmartThings Station bisa berfungsi sebagai charging pad untuk mengisi daya perangkat handphone secara nirkabel dengan dukungan pengisian daya 15W. Bahkan perangkat ini bisa memberi pemberitahuan notifikasi ketika  pengisian daya selesai.

Perangkat ini menawarkan dua varian warna yang meliputi hitam dan putih. Terkait ketersediaannya, SmartThings Station akan mulai dijual di pasar Amerika Serikat pada awal bulan Februari 2023 mendatang dan akan dipasarkan juga di Korea Selatan.

Saat tombol SmartThings dihidupkan maka akan secara otomatis terhubung ke perangkat Galaxy pengguna yang ditandai pop up di layar handphone. Di sana pengguna bisa mengaktifkan perangkat SmartThings Station dengan melakukan pemindaian kode QR pada kamera handphone agar terhubung.

Beragam perangkat yang sudah terkoneksi ke aplikasi SmartThings seperti pengatur suhu, lampu, stopkontak, AC, gorden, air purifier, hingga TV pintar bisa dikontrol dengan perangkat SmartThings Station tanpa harus menyalakannya secara manual pada aplikasi.

Setelah perangkat SmartThings Station terhubung ke handphone, pengguna bisa membuat rutinitas pada setiap perangkat di rumah tersebut melalui aplikasi SmartThings seperti mematikan lampu untuk tidur, menutup tirai, menurunkan suhu ruangan, menonton TV, mematikan stopkontak, dan lain-lainnya.

Pengguna bisa membuat hingga tiga rutinitas berbeda dengan menekan tombol pada perangkat SmartThings yang mencakup tekan pendek, tekan lama, atau tekan dua kali. Rutinitas juga bisa diaktifkan melalui aplikasi SmartThings baik  di rumah maupun di luar rumah.

Baca Juga  Nonton Streaming Arema FC vs PSM Makassar Hari Ini (4/2), Cek Link Gratisnya

SmartThings-Station-SmartHome

Selain bisa mengaktifkan rutinitas perangkat di rumah, SmartThings Station bisa melacak handphone karena terhubung dengan fitur SmartThings Find dengan menekan tombol dua kali sehingga handphone akan terdeteksi melalui dering yang berbunyi.

Tak hanya handphone, SmartThings Find pada SmartThing Station bisa melacak perangkat lain yang telah terdaftar seperti tablet, jam tangan, earbud, kunci dan dompet yang dipasang SmartTag atau SmartTag+.

Dengan memindai perangkat secara rutin, SmartThings Station akan memberikan informasi kepada pengguna di handphone mereka terkait lokasi dan sekaligus memberikan peringatan ketika perangkat meninggalkan atau kembali ke rumah.

Source link