Hilmi Firdausi soal Hikmah Viralnya Video Qoriah Disawer: Insya Allah Warga Akan Menghentikan Kebiasaan Su’ul Adab Ini

Ustaz Hilmi Firdausi menilai ada hikmah di balik viralnya video qoriah disawer yang menjadi sorotan masyarakat. Salah satunya terkait adab.

Menurutnya, dengan kejadian ini, ia berharap masyarakat akan menghentikan perilaku su’ul adab seperti itu serta lebih menghargai seorang pembaca Al Quran.

Hal itu disampaikan Hilmi Firdausi di akun Twitter-nya, Sabtu (7/1/2023).

“Hikmah viralnya postingan Qoriah disawer; Insya Allah masyarakat akan menghentikan kebiasaan su’ul adab ini & Qori/ah akan lebih dihargai plus tilawatil Qur’an akan makin meluas,” tulisnya dikutip dari akun @Hilmi28.

Baca Juga:Qoriah yang Disawer Saat Mengaji Buka Suara, Nadia Hawasy: Saya Marah dan Kesal Sekali

“Setiap acara klo bisa dimulai dengan ngaji dulu. Kan cakep tuh, poko’e ambil nilai positif dari tiap kejadian.”

Sebelumnya, Qoriah Nadia Hawasy akhirnya buka suara terkait videonya yang viral disawer beberapa jamaah ketika sedang melantunkan ayat suci Al Quran.

Diketahui, peristiwa itu terjadi saat ia tengah mengisi acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di salah satu masjid di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Nadia pun mengklarifikasi video viral itu yang diunggah Ustaz Hilmi Firdausi di akun Twitter pribadinya.

“Klarifikasi Ustadzah Nadia, qoriah yang disawer oleh beberapa jamaah, langsung ke IG saya @hilmi28. Semoga ini menjadi pembelajaran untuk semua. Tinggalkan hal-hal su’ul adab semacam ini. Wal’iyadzubillah,” tulis @Hilmi28.

Baca Juga:Kecam Aksi Pria Sawer Qoriah Saat Peringatan Maulid Nabi, DPR: Tidak Etis!

Dalam klarifikasinya, Nadia mengaku tidak tahu bakal disawer seperti dalam video yang kemudian viral di media sosial tersebut.

“Sebelumnya saya mau klarifikasi sedikit masalah video saya ngaji disawer itu. Saya hanya diundang ke acara tersebut untuk mengisi acara Maulid Nabi, saya sebagai qori’ah-nya.”

Baca Juga  Kapal BBM TNI AL Usir Kapal Monster China di Laut Natuna Utara

“Dan saya pun tidak tahu kalau pada saat saya ngaji, panitia baik laki-laki maupun perempuan, akan sawer saya,” tulis @nadia_hawasyi6050.

Nadia mengungkapkan dirinya tidak langsung menegur atau berhenti saat disawer karena tetap menjaga adab saat membaca Al Quran.

“Dan pada saat saya disawer itu, posisinya saya masih ngaji belum selesai. Tidak mungkin saya mau langsung tegur atau saya langsung berhenti turun dari panggung. Karena itu termasuk adab dalam membaca Al-Qur’an,” jelasnya.

Nadia menambahkan, dirinya pun merasa marah dan kesal dengan perbuatan beberapa jamaah yang menyawernya saat sedang mengaji tersebut.

“Pada saat saya disawer itu saya memang marah dan kesal sekali. Gak lama setelah saya disawer, saya langsung sodaqallah turun dari panggung.”

Setelah turun dari panggung, Nadia mengaku langsung menegur panitia acara tersebut yang dinilainya tidak menghargai qoriah.

“Baru saya langsung tegur panitianya. Jadi sebetulnya panitia yang salah, gak menghormati kita sebagai pembaca Al Quran,” pungkasnya.

Diketahui, video qoriah disawer saat mengaji pada acara Maulid Nabi ini menjadi polemik di masyarakat.

Dalam video yang beredar, dua orang lelaki terlihat menyawer qoriah Nadia Hawasy dengan sejumlah uang saat sedang melantunkan Al Quran. Bahkan ada yang menyelipkan uang di kerudung qoriah tersebut.

Source link