Tidak Hanya untuk Ibadah, Masjid Agung Dharmasraya Bakal Jadi Pusat Kajian dan Peradaban Islam

Ranah.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono baru saja meresmikan Masjid Agung Dharmasraya. Peresmian masjid yang dibangun di atas lahan seluas 6,7 hektare itu dilakukan pada Jumat (6/1/2023).

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengungkapkan bahwa Masjid Agung Dharmasraya yang terletak di Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung itu tidak hanya untuk sarana beribadah.

Ia mengharapkan, Masjid Agung Dharmasraya juga menjadi pusat kajian dan peradaban Islam di kabupaten tersebut.

“Kita ingin membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai basic agama yang kuat. Kita ingin membangun dan menggali potensi sesuai nilai-nilai kebaikan, kebaikan bagi manusia dan kebaikan bagi alam semesta,” ujar Sutan Riska dalam rilisnya yang diterima ranah.co.id pada Sabtu (7/1/2023).

Baca Juga:Bentrok Petugas Keamanan Dua Perusahaan Sawit Siak, Seorang Dikabarkan Terluka

Sutan Riska mengimbau masyarakat Dharmasraya ikut memakmurkan masjid ini supaya nilai-nilai keislaman di daerah tersebut semakin kuat. Terutama untuk generasi masa depan Dharmasraya.

Ia mengatakan bahwa Masjid Agung Dharmasraya ini dapat menampung 13 ribu jamaah. Anggaran pembangunan masjid ini mencapai Rp103 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) 2019 dan 2020. 

“Dari desain masjid ini terdiri dari dua lantai untuk menampung jamaah beribadah. Selain itu, teras masjid juga bisa menampung jamaah bila pada momen tertentu jumlah jamaah yang datang membludak,” bebernya.

Riska menjelaskan bahwa masjid ini akan memiliki empat kubah yang melambangkan filosofi adat Minangkabau yaitu ‘Tau Jo Nan Ampek’.

Yakni kato mandaki, kato mandata, kato manurun dan kato malareng. Yang intinya harus pandai menjaga sikap kepada yang lebih tua, sebaya, kepada yang lebih kecil dan kepada tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintah. 

Baca Juga  Besok Mbak Ita atau Hevearita Gunaryanti Rahayu Resmi Dilantik Jadi Walikota Semarang, Hadir Megawati Soekarnoputri

Baca Juga:Proliga 2023: LavAni Waspadai Pendatang Baru STIN BIN pada Laga Terakhir di Bandung

Source link