Presiden Jokowi Resmikan Bendera Indonesia Terbaru, Benarkah?

CRCOID – Beredar kabar Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meresmikan bendera Indonesia terbaru. Kabar tersebut dibagikan oleh sebuah akun TikTok dengan nama @fifaindonesi4.

Dalam postingannya, akun ini membagikan sebuah video yang berisi tangkapan layar dari artikel Detiknews. Judul artikel yang dibagikan tersebut berisi narasi tentang Jokowi meresmikan bendera Indonesia terbaru.

Adapun narasi yang dibagikan akun itu sebagai berikut:

Jokowi resmikan bendera Indonesia terbaru”.

Baca Juga:
Jadwal Vietnam vs Indonesia di Leg II Semifinal Piala AFF 2022, Lengkap dengan Link Live Streaming

Lantas benarkah kabar Presiden Jokowi meresmikan bendera Indonesia terbaru?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan CRCOID, kabar Presiden Jokowi telah meresmikan bendera Indonesia yang baru adalah tidak benar.

Faktanya, video yang dibagikan akun @fifaindonesi4 itu bersumber dari artikel Detiknews dengan judul berbeda. Ini setelah dilakukan penelusuran yang mengacu pada keterangan tanggal 24 Desember 2022 pukul 08.36 WIB dari video tersebut.

Hasilnya, judul asli dari artikel itu sama sekali tidak membahas peresmian bendera Indonesia terbaru, melainkan isu reshuffle dari Jokowi. Judul aslinya adalah “Jokowi Dinilai Akan Reshuffle Menteri dari NasDem Buntut Dukung Anies”.

Baca Juga:
Indonesian Idol Pindah Jam Tayang, RCTI Ada Jadwal Siaran Langsung Vietnam vs Indonesia

Saat dilihat, memang terlihat kesamaan antara postingan di video TikTok itu dengan artikel asli, tepatnya pada caption gambar artikel. Namun saat diamati, judul pada postingan tangkapan layar video dan artikel asli berbeda, serta foto sudah disunting atau diedit.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka kabar Presiden Jokowi telah meresmikan bendera Indonesia terbaru adalah hoaks.

Kabar yang dibagikan oleh akun TikTok @fifaindonesia4 itu masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Baca Juga  Daftar 108 Lembaga Pengelola Zakat Tak Berizin, Ini Daerah Terbanyak

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta CRCOID. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi CRCOID, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@CRCOID.



Source link