Kenapa iPhone Hanya Bisa Memakai Kartu Smartfren? Ini Penyebabnya!

Kenapa iPhone Hanya Bisa Smartfren - Header

CRCOID. – Normalnya, setiap model handphone yang beredar di pasaran Indonesia sekarang ini akan dilengkapi dengan dukungan untuk menggunakan layanan seluler dari semua jenis operator.

Meskipun begitu, kita dalam beberapa kasus mungkin akan menjumpai sejumlah model perangkat yang hanya mendukung operator-operator tertentu saja. Misalnya, iPhone yang hanya dapat disetel dengan menggunakan kartu SIM Smartfren.

Biasa disebut juga dengan “Smartfren Only”, ada beberapa alasan kenapa sebuah iPhone bisa menjadi seperti itu. Adapun buat kamu yang penasaran, berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya.

Kenapa iPhone Hanya Bisa Memakai Kartu SIM Smartfren?

1. iPhone dari Program Bundling Smartfren

Sama seperti operator seluler secara umum, Smartfren pun mempunyai program penjualan produk dengan sistem device bundling. Jadi pelanggan bisa mendapatkan handphone-handphone impiannya berserta kuota internet dengan biaya yang lebih terjangkau.

Beberapa model iPhone pun menjadi sebagian perangkat yang bisa kita beli dengan sistem device bundling milik Smartfren. Walaupun ketersediaan handphone mungkin akan berubah-ubah untuk setiap tahunnya.

Sayangnya, perangkat yang kita beli melalui sistem bundling umumnya hanya dapat menggunakan kartu SIM dari operator terkait. Begitu juga iPhone yang kita dapatkan dari program Smartfren pun biasanya hanya bisa diatur dengan nomor-nomor mereka.

Handphone-handphone seperti ini biasanya disebut dengan perangkat Factory Locked. Kita pun perlu memastikan bahwa lokasi kita mempunyai dukungan cukup baik dari jaringan operator terkait sebelum membelinya.

2. IMEI Tidak Terdaftar

Perangkat yang dipasarkan secara tidak resmi di Indonesia pun dapat mengalami hal serupa. Beberapa model iPhone yang hanya bisa menggunakan kartu SIM Smartfren juga tak jarang terindikasi karena masalah ini.

Kebijakan untuk memblokir IMEI yang tidak terdaftar umumnya memang akan membuat handphone kehilangan akses ke seluruh jaringan seluler di Indonesia. Namun pada beberapa kasus, kita masih bisa memakainya dengan operator tertentu.

Baca Juga  Seri OPPO Reno8 T Segera Rilis di Indonesia, Bisa Foto Ala Mikroskop

Meskipun begitu perlu dicatat bahwa iPhone Smartfren Only yang terjadi karena hal ini kemungkinan tidak akan bertahan lama. Kebijakan memblokir IMEI yang tidak terdaftar memang masih mempunyai celah tetapi pemerintah maupun operator semakin menyempurnakan sistemnya.

Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa iPhone yang hanya bisa memakai Smartfren karena IMEI tidak terdaftar akan benar-benar terblokir di masa mendatang. Sehingga handphone pun akhirnya berubah menjadi perangkat WiFi Only.

3. Hanya Bisa Gunakan eSIM

Beberapa iPhone terbaru seperti iPhone 13 misalnya memiliki eSIM yang mana berbeda dibandingkan kartu SIM fisik. Bahkan Apple pun sudah mulai mengeluarkan iPhone 14 yang hanya memiliki eSIM, walaupun saat ini baru untuk wilayah Amerika Serikat saja.

Nah salah satu yang menjadi alasan kenapa iPhone hanya bisa Smartfren beberapa waktu lalu dikarenakan dukungan eSIM. Belum lama ini, Smartfren menjadi satu-satunya operator seluler yang menawarkan layanan eSIM sehingga tidak heran untuk iPhone yang hanya punya eSIM hanya bisa menggunakan jaringan Smartfren.

Akan tetapi mulai bermunculan layanan eSIM dari operator lain. Indosat Hutchinson Ooredoo misalnya mulai menjual eSIM sejak akhir tahun 2022 lalu yang mana bisa didapatkan dengan mengunjungi gerai terdekat.

Source link