Microsoft Berencana Investasi Rp 155 Triliun ke Pemilik ChatGPT

CRCOID – Microsoft disebut sedang berunding untuk menginvestasikan duit 10 miliar dolar AS atau sekitar Rp 155 triliun ke OpenAI, perusahaan di balik peranti kecerdasan buatan atau AI yang belakangan mencuri perhatian karena kepintarannya.

Seperti dilansir Reuters dari Semafor, Selasa (10/1/2023), Microsoft tidak akan sendiri berinvestai ke OpenAI tetapi bergabung dengan sejumlah perusahaan lain. Adapun nilai pasar OpenAI saat ini adalah 29 miliar dolar AS atau sekitar Rp 451 triliun.

Baik Microsoft maupun OpenAI belum buka suara terkait laporan ini.

Tetapi sebelumnya Wall Street Journal melaporkan bahwa OpenAI memang berniat menjual sahamnya. Beberapa perusahaan modal ventura seperti Thrive Capital dan Founders Fund disebut akan membeli saham dari pemilik saham saat ini.

Baca Juga:
Orang Super Kaya Berharta Rp 1.900 Triliun yang Memiliki Pulau Pribadi: Bos Red Bull Masuk Daftar

OpenAI didirikan oleh CEO Tesla Elon Musk dan Sam Altman seorang investor bidang teknologi. Perusahaan ini membuat ChatGPT, yang sejak 30 November kemarin sudah dibuka untuk diuji oleh publik.

ChatGPT menarik perhatian publik karena kecerdasannya yang bisa meniru percakapan manusia. Peranti lunak ini bahkan bisa menulis cerita, puisi dan artikel dalam bahasa Indonesia.

Jika investasi ini terwujud, maka Microsoft akan menguasai 49 persen Open AI. Sementara 49 persen saham lagi akan dibagi-bagi antara investor lainnya. OpenAI sendiri akan menguasai 2 persen saham.

Microsoft sendiri sudah berinvestasi 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 15 triliun pada 2019 lalu. Dari investasi itu, Microsoft mendapatkan teknologi AI yang mirip dengan ChatGPT untuk disandingkan dengan mesin pencari Bing.

Baca Juga:
Windows 7 dan Windows 8 Akan Hentikan Pembaruan Keamanan Penting 10 Januari 2023

Baca Juga  Gimbal DJI RS 3 Mini Resmi Dijual di Indonesia, Ringan Tapi Tahan Digunakan Hingga 10 Jam



Source link