Waspada! PS5 Bisa Rusak Jika Didirikan Vertikal

CRCOID –
Sebuah laporan mengungkapkan kalau konsol PlayStation 5 (PS5) bisa rusak apabila diletakkan dalam posisi berdiri atau vertikal. Kenapa bisa demikian?

Sony pertama kali meluncurkan PS5 pada 2020 lalu. Saat itu perusahaan juga memberikan stand yang difungsikan sebagai dudukan PS5.

Nah stand itu bisa ditempelkan di bawah atau samping konsol. Sehingga pengguna bisa meletakkan PS5 miliknya dengan posisi vertikal (berdiri) atau horizontal (tiduran).

Tapi kenyataannya seorang YouTuber bernama TheCod3r menyimpulkan kalau PS5 yang diletakkan secara berdiri bisa merusak konsol, seperti dikutip dari Gizchina, Senin (9/1/2023).

Baca Juga:
Demi Indra Bekti, Aldi Taher Jual Jam Tangan Pemberian Dewi Perssik

Lewat video yang diunggah September lalu, dia mendapatkan sebuah PS5 dalam kondisi rusak. Dia berusaha memperbaiki dan menemukan masalahnya dengan membongkar, melepas motherboard, hingga memeriksa setiap komponen.

Secara fisik dia menemukan kalau semuanya baik-baik saja. Tetapi berbeda ketika dia membuka APU (accelerated processing unit), di sanalah dia menemukan kalau logam cair telah bocor dari penutup dan membuat korsleting di bagian bawah.

Pasalnya ketika PS5 diletakkan secara horizontal, cairan logam akan tetap dalam posisinya dan mempertahankan sifat termal. Tapi jika didirikan secara vertikal, cairan itu bisa turun dan merusak komponen lain.

Menurut TheCod3r, menjaga konsol dalam posisi tegak itu juga dapat menimbulkan suara bising berlebihan dari putaran cooler yang intens. Selain itu konsol juga menjadi lebih panas dan boros.

Sayang Sony belum memberikan pernyataan terkait faktor rusaknya PS5 akibat posisi berdiri ini. Namun pada Oktober 2020, mereka sempat mengatakan kalau posisi tegak lurus PS5 tidak akan berdampak apapun.

Baca Juga:
Momen Fajar Sad Boy dan Sony Wakwaw Dipertemukan: Giliran Warganet yang Menangis

Baca Juga  iOS 15.2 Resmi Meluncur, Cek Yuk Update dan Fitur Barunya

Namun untuk para pengguna PS5 disarankan untuk tetap meletakkannya dalam posisi tidur atau horizontal untuk mencegah kerusakan seperti ini terjadi.



Source link