YouTube Akan Bagi-bagi Cuan lewat Shorts, Perhatikan Caranya

CRCOID – YouTube telah mengumumkan bahwa kreator dapat mulai menghasilkan pendapatan iklan di Shorts mulai 1 Februari nanti.

Langkah ini menyusul janji YouTube dari September bahwa opsi monetisasi sedang dalam proses.

Perubahan ini hadir sebagai bagian dari pembaruan yang lebih luas pada Program Partner YouTube.

Program ini akan mewajibkan semua orang untuk menandatangani persyaratan perjanjian baru, baik mereka ingin menghasilkan uang dari Shorts atau tidak.

Baca Juga:
Syahrini Blak-Blakan dan Bongkar Aib Raffi Ahmad Soal Hubungan dengan Wanita Lain, Cek Faktanya!

Kreator dapat menghasilkan uang dari format yang diluncurkan pada 2021 untuk sementara melalui hal-hal seperti Super Chat dan integrasi belanja, serta dana kreator yang telah disiapkan perusahaan.

Berbeda dari yang ada di TikTok, berbagi pendapatan iklan secara langsung dengan pembuat konten.

Di YouTube, kreator tidak harus ikut serta dalam monetisasi short jika mereka tidak menginginkannya.

YouTube mengatakan, sedang memperkenalkan sistem modular untuk persyaratan program mitra.

Dimana setiap orang dalam program harus menandatangani perjanjian dasar yang menentukan hal-hal seperti apa yang dapat Anda posting di situs dan cara kerja pembayaran.

Baca Juga:
Membandel! Kang Dedi Ngamuk Bongkar Warung Miras Menjamur di Wilayah Serangpanjang Subang

Itu berlaku untuk pembuat konten yang sudah menjadi Mitra YouTube dan perusahaan mengatakan mereka akan memiliki waktu hingga 10 Juli 2023.

Para konten kreator bisa menerima persyaratan baru atau kemampuan mereka untuk memonetisasi dengan platform akan dimatikan, dan mereka harus mengajukan permohonan kembali ke program tersebut.

Kemudian ada perjanjian tambahan untuk monetisasi “Halaman Tontonan” dan Shorts, yang dapat disetujui secara terpisah.

Perjanjian Shorts, yang akan tersedia pada 1 Februari, pada dasarnya memberi kamu potongan pendapatan dari “iklan yang dilihat di antara video di Umpan Shorts”.

Baca Juga  Beda ANBK Semi Online dan Online 2021

Perjanjian Laman Tontonan pada dasarnya mencakup hal-hal lain, diantaranya streaming langsung dan video “berbentuk panjang” tradisional di YouTube, YouTube Music, atau YouTube Anak.

Ada juga tambahan untuk “produk perdagangan” seperti keanggotaan, Obrolan Super, Stiker Super, dan Super Thanks, meskipun perusahaan mengatakan bahwa tidak perlu menyetujui kembali persyaratan tersebut jika kamu telah mengaktifkan fitur untuk saluran.

Ilustrasi YouTube. (Pixabay)
Ilustrasi YouTube. (Pixabay)

YouTube mengatakan, pendekatan modular ini akan memungkinkannya “menambah peluang monetisasi baru di masa mendatang tanpa harus memperbarui atau mengubah seluruh perjanjian monetisasi”.

Pengumuman tersebut muncul saat YouTube merevisi persyaratan untuk bergabung dengan Program Mitra YouTube.

Salah satu persyaratannya adalah kamu harus mendapatkan 4.000 jam waktu tonton publik untuk konten kamu dalam 12 bulan terakhir.

Mulai Oktober 2022, video Shorts diperhitungkan dalam jumlah tersebut. Namun, mulai Januari 2023, hal itu tidak lagi terjadi, menurut halaman dukungan kelayakan & ikhtisar Program Mitra YouTube.

Sebaliknya, bagian dari persyaratan kelayakan itu telah diubah, menjadi harus mendapatkan 4.000 jam untuk konten non-short atau mendapatkan 10 juta penayangan di Shorts publik dalam 90 hari terakhir.

Selain itu, kamu juga harus memiliki setidaknya 1.000 pelanggan agar memenuhi syarat, sebagaimana melansir laman The Verge, Selasa (10/1/2023).



Source link