Astronom Temukan Planet Kedua Mirip Bumi di Tata Surya

CRCOID – Pesawat antariksa pemburu planet terkemuka NASA telah menemukan planet kedua yang berukuran sama dengan Bumi dan mungkin memiliki air dan kedua mengorbit bintang yang sama.

Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA diluncurkan pada April 2018 dan sejak saat itu, misi tersebut telah menemukan 285 eksoplanet yang dikonfirmasi dan lebih dari 6.000 kandidat.

Salah satu planet paling menarik yang dikonfirmasi adalah TOI 700 d, berukuran sebesar Bumi dan terletak di zona layak huni bintangnya.

Sekarang, para ilmuwan telah menentukan bahwa planet tersebut memiliki tetangga yang sama uniknya, berkat peringatan Oktober 2021 bahwa teleskop yang mengorbit Bumi telah melihat sesuatu yang menarik.

Baca Juga:
Planet Zombie Ditemukan Mengorbit Bintang Mati

“Kami pertama kali melihatnya dan kami seperti, Apakah ini nyata?” ujar Emily Gilbert, seorang astronom di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, dilansir laman Space.com, Rabu (11/1/2023).

Gilbert dan rekan-rekannya mempresentasikan penelitian tersebut pada pertemuan ke-241 American Astronomical Society, yang diadakan minggu ini di Seattle dan secara virtual.

Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA. [Shutterstock]
Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA. [Shutterstock]

TESS menemukan planet dengan menatap bintang selama sebulan sekaligus, mencari penurunan kecil dalam kecerahan yang dapat mengindikasikan adanya planet yang melintas di antara bintang dan teleskop.

Dari penurunan ini, para astronom dapat memperkirakan ukuran planet dan jam orbitnya.

Pada 2020, Gilbert dan rekannya melaporkan penemuan tiga planet di sekitar bintang kecil bernama TOI 700 (TOI singkatan dari “TESS Object of Interest”), yang terletak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi.

Baca Juga:
Terungkap Misteri Hilangnya Cincin Jupiter

Bintang itu adalah katai merah, tetapi tidak seperti banyak saudara kandungnya, TOI 700 relatif tenang, tanpa aktivitas tiba-tiba yang dapat menggoreng kehidupan apa pun di dunia terdekat.

Baca Juga  Rekomendasi 5 Bio Link Tools Terbaik, Bisa Bikin Usahamu Makin Greget



Source link