Gimbal DJI RS 3 Mini Resmi Dijual di Indonesia, Ringan Tapi Tahan Digunakan Hingga 10 Jam

DJI RS 3 Mini

CRCOID. – DJI secara resmi telah memboyong gimbal terbarunya ke Indonesia yang masuk dalam keluarga seri DJI RS yakni RS 3 Mini. Gimbal ini memiliki bobot paling ringan diantara kedua saudaranya.

Dibanderol seharga Rp4.695.000, RS 3 Mini sudah bisa dibeli di Indonesia melalui e-commerce yang menjadi partner resmi DJI Indonesia di Tokopedia, Shopee, Blibli, JD.ID, dan Eraspace.

Secara fisik, gimbal RS 3 Mini mengusung bobot 795 gram dalam mode portrait yang mana 50 persen lebih ringan dari RS 3 Pro dan 40 persen lebih ringan dari RS 3. Namun dalam mode horizontal, gimbal baru ini akan memiliki bobot 850 gram. Gimbal ini juga mampu menopang kamera dengan beban mencapai 2kg.

Pihak DJI mengatakan gimbal RS 3 Mini bisa digunakan dengan berbagai kamera mirrorless full-frame atau APS-C yang sudah dipasarkan seperti Sony A7S3 dengan lensa 24-70mm F2.8, Sony A6400 dengan lensa E 16-50mm F3.5-5.6, Canon EOS R7 dengan lensa RF 15-30 mm F4.5-6.3, Nikon Z50 dengan lensa Z 28mm F2.8, hingga Fuji X-T30 II dengan lensa XC 15-45mm F3.5-5.6.

Gimbal RS 3 Mini bisa mengatur pengambilan gambar kamera dalam bentuk vertikal dan horizontal melalui teknologi dual-layered quick-release plate. Dukungan stabilisasi gambarnya menggunakan Stabilisasi RS Generasi ke-3 dengan algoritma Al yang sama digunakan pada RS 3 Pro sehingga mampu menghasilkan gambar yang mulus layaknya profesional.

Ditambah lagi RS 3 Mini dilengkapi pula dengan port tambahan Nato yang kompatibel dengan beragam aksesoris pendukung seperti pegangan, lampu pengisi eksternal, dan monitor. Dari segi tampilan, tersedia layar di bagian depan berukuran 1,4″ yang bisa dioperasikan dengan sentuhan jari untuk mengkonfigurasikan beragam pengaturan kamera.

Kamera pun mudah dihubungkan ke gimbal RS 3 Mini ini dengan koneksi Bluetooth. Setelah itu pengguna bisa langsung melakukan perekaman video dengan menekan tombol rekam pada gagang pegangan gimbal dengan tanda titik bulat berwarna merah.

Baca Juga  Xiaomi Telat Rilis Redmi Note 11 di Indonesia, Belajar dari Redmi Note 10

DJI-RS-3-Mini-5

Bila menggunakan gimbal RS 3 Mini dengan kamera Sony dengan lensa pendukungnya maka pengguna bisa langsung mengontrol pembesaran optik melalui tombol putar yang disediakan sehingga tak perlu lagi mengoperasikan melalui kamera.

Tombol putar tersebut juga bisa menyesuaikan fokus, ISO, aperture, shutter, dan parameter lainnya, pengguna bisa memutar roda di bagian belakang gagang pegangan dengan jari telunjuk. Dengan menekan tombol M memungkinkan gimbal beralih antara mode PF (Pan Follow), PTF (Pan and Tilt Follow), dan First Person View (FPV).

Selain itu gimbal RS 3 Mini juga dibekali fitur video seperti Timelapse, Track, dan Panorama. Terkait ketahanan baterainya, gimbal RS 3 Mini mampu digunakan hingga 10 jam dan bisa diisi dayanya dari 0 persen ke 100 persen dalam waktu 2,5 jam. Gimbal ini turut menyediakan aksesoris yang bisa terhubung untuk pengambilan video lebih optimal seperti mikrofon DJI Mic.

Mikrofon ini bisa diletakkan dengan mudah ke baju host atau presenter saat perekaman video yang bisa mentransmisikan suara dengan jarak hingga 250 meter dan mikrofon ini memiliki ketahanan baterai hingga 15 jam dengan wadah pengisi dayanya.

Source link