Inilah 10 Fitur Baru Android 13 yang Patut Diketahui

Fitur Baru Android 13 Header

CRCOID. – Android merupakan sistem operasi di bawah naungan Google yang telah digunakan oleh beragam perangkat mobile dan IoT (Internet of Things) di dunia.

Setiap tahunnya Android akan muncul dengan versi terbarunya dan Android 13 pun telah diluncurkan dengan peningkatan fitur yang lebih menarik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selain tampilan antarmukanya yang lebih nyaman digunakan untuk navigasi, Android 13 juga telah menghadirkan beragam fitur baru yang tentunya lebih memudahkan aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

1. Pengaturan Bahasa Per Aplikasi

Pada Android 12 atau versi sebelumnya, aplikasi akan langsung mengikuti dan menyesuaikan bahasa yang diatur di sistem. Namun pada Android 13, kamu dapat mengatur bahasa untuk setiap aplikasi secara terpisah.

Misalnya saja kamu dapat menyetel WhatsApp menggunakan bahasa Inggris, YouTube memakai bahasa Indonesia, browser menggunakan bahasa Jerman, dan aplikasi lainnya dapat diatur dengan bahasa yang berbeda.

2. Kontrol Smart Home dari Lock Screen

Pada Android 13, kamu dapat menampilkan menu kontrol tersebut ketika berada di Lock Screen atau layar terkunci. Dengan begitu tentunya dapat secara cepat mengendalikan perangkat Smart Home yang sudah dihubungkan dengan aplikasi Google Home.

Smart Home memudahkan kita untuk mengendalikan perangkat dari jarak jauh, terutama pada saat lupa mematikan sesuatu. Secara bawaan, justru fitur kontrol Smart Home dari Lock Screen ini dimatikan.

Kamu pun perlu mengaktifkannya lewat Settings lalu mengunjungi menu Lock Screen yang ada di Display. Lalu nyalakan opsi Show device controls.

3. Photo Picker

Pada Android 13 terdapat peningkatan privasi dimana menghadirkan Photo Picker yang mengizinkan kamu sebagai untuk menampilkan foto atau video mana saja yang dapat diakses oleh aplikasi Gallery, File Manager, dan lainnya.

Baca Juga  Ada yang Baru! Klaim Kode Redeem FF 18 Januari 2023

Fitur ini membuat privasi foto atau video yang kamu miliki menjadi lebih terjaga. Hal ini tentunya membuat aplikasi maupun orang tidak bisa sembarangan mengakses foto atau video yang telah dikunci untuk dibuka.

4. Multitasking Lebih Nyaman

Aktivitas multitasking pada tablet yang menggunakan sistem operasi Android 13 pun kini menjadi lebih mudah karena nantinya layar akan menampilkan sebuah Taskbar yang di dalamnya berisikan sekilas aplikasi apa saja yang sedang dibuka.

Tentunya hal ini akan memudahkan kamu mengakses aplikasi tanpa perlu membuka Recent Menu terlebih dulu. Apalagi dari ikon aplikasi di Taskbar dapat dilakukan drag and drop untuk menampilkan aplikasi dalam mode Split Screen.

Mode Split Screen pun dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Misalnya menonton video di YouTube sambil melakukan chat dengan teman di WhatsApp.

5. Scan QR Code di Quick Settings

Apabila biasanya kamu harus memasang aplikasi pihak ketiga atau menggunakan Google Lens untuk memindai QR Code. Maka pada Android 13 sudah dihadirkan fitur bawaan untuk memindai QR Code.

Kamu hanya perlu sapu layar dengan satu jari untuk memunculkan Quick Settings. Selanjutnya, tekan tombol Scan QR Code hingga memunculkan halaman pemindaian.

Kamu tinggal mengarahkan kamera handphone ke QR Code untuk mulai memindai. Data yang tertera di dalam QR Code pun akan ditampilkan di layar baik berupa link situs, biodata, maupun lainnya.

6. Preview Clipboard

Pada Android 13, kamu akan mendapatkan konfirmasi visual standar ketika sebuah konten disalin atau ditambahkan ke Clipboard. Konfirmasi ini seperti memberitahukan bahwa konten tersebut telah disalin dan ditempelkan.

7. Fitur Bedtime Mode Untuk Dark Mode

Bedtime Mode merupakan fitur Android yang dapat digunakan agar tidak ada gangguan ketika kamu sedang tidur. Pada Android 13, kamu dapat menjadwalkan agar Dark Mode aktif ketika Bedtime Mode menyala.

Baca Juga  Dyson Hadirkan Edisi Spesial Topaz Orange untuk Rayakan Tahun Baru Imlek dan Hari Valentine Hadir

Fitur ini dapat diakses melalui pengaturan yang ada di Settings. Kamu tinggal mengunjungi menu Display dan memilih opsi Dark Theme. Selanjutnya pada Schedule, kamu tinggal mengaktifkan Turn on at bedtime.

8. Hapus Otomatis History Clipboard

Untuk lebih menjadi keamanan dari penggunanya, Android 13 akan menghapus riwayat atau history data penting yang telah disalin seperti Biodata, email, password, nomor handphone, dan lainnya pada kurun waktu tertentu. Tentunya hal ini dapat mencegah dari akses yang tidak bertanggung jawab.

9. Terintegrasi dengan Chromebook

Kini kamu dapat kirim dan terima pesan melalui Chromebook ketika handphone sedang tidak di sekitar. Tentunya integrasi antara handphone Android 13 dan Chromebook ini sangat menarik, terutama ketika handphone sedang diisi daya pada area yang jauh dengan area kerja.

10. Tanda Sensor Fingerprint Untuk Pembayaran Online

Pada saat kamu menggunakan sensor fingerprint untuk melakukan pembayaran online, aktivitas perbankan, transfer uang digital, dan lainnya akan muncul tanda centang hijau kecil di tempat animasi sensor sidik jari berada ketika berhasil otentikasi transaksi.

Source link