Apple Rilis Chip M2 Pro dan M2 Max, Performa Lebih Ganas

Apple M2 Pro M2 Max Chip

CRCOID. – Mengawali tahun 2023, Apple mengumumkan dua SoC (system on chip) terbarunya yaitu M2 Pro dan M2 Max. Kedua chip ini melengkapi model pendahulunya yakni M2 standar yang telah menyokong laptop MacBook Pro dan iPad Pro di tahun 2022.

Melalui chip M2 Pro dan M2 Max, Apple memberikan teknologi yang lebih mutakhir untuk mendukung jeroan laptop baru mereka meliputi MacBook Pro dan MacBook Pro ukuran 14″ dan 16″ serta Mac Mini.

Kedua chip ini membawa peningkatan baik dari segi performa sekaligus efisiensi daya. Dalam menjalankan aplikasi Photoshop untuk pemrosesan foto, pihak Apple mengklaim bahwa chip M2 Pro pada laptop MacBook Pro 16″ lebih cepat 40 persen dibandingkan dengan M1 Pro pada laptop MacBook Pro 16″.

Dari segi performa multithreading, CPU chip M2 Pro diklaim 20 persen lebih lebih cepat dibanding M1 Pro. Untuk pengolahan grafis kecepatannya 30 persen lebih baik dibanding M1 Pro. Sedangkan M2 Max memiliki peningkatan kecepatan grafis sebanyak 30 persen dibanding chip M1 Max.

Dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 5nm generasi kedua Apple, chip M2 Pro diketahui mempunyai jumlah transistor mencapai 40 miliar unit. Kemudian untuk chip M2 Max menjadi chip paling tangguh karena dibekali transistor mencapai 67 miliar unit.

Apple-Mac-Pro-M2-Pro-dan-M2-Max-

Keduanya pun dilengkapi dengan CPU berjumlah 12 core namun konfigurasi lainnya menggunakan spesifikasi yang berbeda. Khusus untuk chip M2 Pro memiliki varian CPU 10 core. Kedua varian CPU M2 Pro ini ditemani dengan GPU hingga 19 core serta teknologi RAM LPDDR5 yang memiliki kapasitas hingga 32GB dan memory bandwidth mencapai 200GB/s.

Sedangkan CPU 12 core pada chip M2 Max dipadukan dengan GPU hingga 38 core dan teknologi RAM LPDDR5 berkapasitas hingga 96GB serta memory bandwidth mencapai 400GB/s. Keduanya pun dibekali 16-core Neural Engine yang mampu mengerjakan 15,8 triliun operasi per detik di mana 40 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Baca Juga  Bocor! Tanggal Pelaksanaan Samsung Galaxy Unpacked 2023 Sempat Terungkap

Soal dukungan video, keduanya mempunyai fitur encode/decode yang mendukung format ProRes dan format video H.264 serta HEVC dengan resolusi 4K dan 8K. Tak hanya itu chip M2 Max memiliki dua video encode engine dan dua ProRes engine sehingga mampu melakukan video encoding hingga 2x lebih cepat dibanding M2 Pro.

Source link