Dapat Kritikan Keras dari Deddy Corbuzier Terkait Fajar Sadboy, KPI: Tak Ada Larangan, selama Tidak Langgar Norma dan Kesusilaan

SuaraTasikmalaya.id – Baru-baru ini, Deddy Corbuzier memberikan kritikan keras pada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Deddy Corbuzier menganggap jika KPI lalai dalam mengawasi tayangan televisi.

Satu di antara yang menjadi sorotan Deddy Corbuzier yaitu kemunculan Fajar Sadboy, di mana dirinya viral karena qoutes tentang cinta.

Deddy Corbuzier menilai jika KPI seharusnya bisa menjalankan tugasnya, dengan melarang Fajar Sadboy hadir di acara televisi yang membahas soal asmara karena ia dianggap masih berusia belasan tahun.

Baca Juga:Ternyata Ini Alasan Ibu Norma Risma tak Berbusana saat di Rumah Menantu, Yakin Gak Salah Paham?

Deddy Corbuzier pun sempat mengutarakan jika dalam aturan KPI, jelas melarang kemunculan anak di bawah umur untuk wawancara yang bukan sesuai usianya.

Jika melihat ke belakang, Deddy Corbuzier ternyata memiliki pengalaman ditegur oleh KPI, karena dirinya mengundang anak kecil sebagai nara sumber pada sebuah acara yang pernah dibawakannya.

Melalui unggahan di Instagram, KPI akhirnya menanggapi kritikan yang dilayangkan oleh Deddy Corbuzier tersebut.

“Berdasarkan Standar Program Siaran (SPS) anak terdiri atas anak-anak dan remaja. Anak-anak: 7-12 tahun dan remaja: 13-17 tahun. Anak tidak boleh dihadirkan sebagai narasumber di luar kapasitas mereka dalam konteks konflik rumah tangga, bencana/musibah, dan konflik kekerasan traumatis,” tulis keterangan KPI dikutip dari akun Instagram @kpipusat, 19 Januari 2023. 

Meskipun tidak ada aturan yang pasti tentang tampilnya Fajar Sadboy di televisi, KPI tetap menghimbau agar media atau televisi untuk menayangkan hal yang lebih bermanfaat dan dapat menjadi teladan bagi semua orang.

Baca Juga:Bobotoh Wajib Tau! Ini Daftar Pemain Persib Bandung yang Ikut ke Pamekasan kandang Madura United

Baca Juga  Tidak Ada Kata Lelah, Ferry Irawan Setiap Hari Minta Jatah, Venna Melinda: Ternyata dia Orang Jahat

KPI pun memandang jika tidak ada larangan remaja seusia Fajar Sadboy untuk tampil di televisi, selama tidak melanggar norma asusila dan berjalan sesuai aturan yang berlaku.

“Fajar remaja usia 15 tahun. Acara yang ditujukan bagi remaja (13-17 tahun), tidak ada larangan sih menampilkan cerita asmara, selama tidak melanggar norma dan kesusilaan. Kalau yang untuk anak-anak (7-12 tahun) baru dilarang,” tulis KPI.

KPI kemudian menjelaskan bahwa dalam SPS Pasal 33, disebutkan klasifikasi A (anak) merupakan usia 7-12 tahun, dan pada klasifikasi R (remaja) berusia 13-17 tahun.

KPI berharap jika penjelasan yang disampaikannya tersebut dapat menjadi acuan untuk pelaku industri kreatif di Lembaga Penyiaran.(*)


Loading…

Source link