El Loygara Borong Penghargaan di Citra Pariwara 2022, Berharap Dunia Iklan Bangkit di 2023

CRCOID – Sineas Ef Loygara alias Fico memborong enam penghargaan di ajang Citra Pariwara 2022. Fico meraih penghargaan pada kategori Gold, Silver, dan Bronze untuk iklan yang ia besut “Grovo-Molda Percaya Asli Tjap Indonesia”.

Penghargaan ini tentu saja sangat membanggakan bagi Ef Loygara. Selain itu, lelaki 32 tahun ini juga mengaku tak percaya karena bisa mendapatkan penghargaan sebanyak itu.

“Saya senang sekaligus kaget sebenarnya menerima penghargaan ini. Merasa ada tanggung jawab juga sebagai sutradara untuk terus berkarya dengan sepenuh hati, kreatif, dan relevan,” kata Fico ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Iklan “Grovo-Molda Percaya Asli Tjap Indonesia” menggambarkan semangat pantang menyerah orang Indonesia. Meski hanya bermodalkan keyakinan dan kepercayaan, hal itu bisa membakar semangat untuk meraih cita-cita dan harapan agar hidup lebih baik.

Baca Juga:
Sleman Hingga Bekasi Dapat Penghargaan Kota Layak Anak, Tapi Kok Masih Ada Iklan Rokok Dekat Sekolah?

“Iklan ‘Modal Percaya’ berusaha menampilkan tekad, perjuangan, dan kepercayaan diri rakyat Indonesia dari dulu. Visual yang disajikan adalah bentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap takdir, khas masyarakat kita dengan treatement video citizen journalism,” kata Fico menjelaskan.

Sutradara Ef Loygara alias Fico. [Instagram]
Sutradara Ef Loygara alias Fico. [Instagram]

Menurut Fico, secara detail dari pemilihan talent, musik dan semua scene yang dibuat memang menggambarkan apa yang sering dan sangat umum terjadi di negara Indonesia. Beberapa scene dibuat dengan set up kejadian dan masyarakat asli.

95% seluruh kebutuhan visual di film ini direkam menggunakan berbagai variasi dan tipe kamera handphone, dari smartphone sampai ponsel seharga 500 ribu yang memiliki kualitas gambar rendah.

Hal ini bertujuan untuk melihat rangkuman Indonesia dari kaca mata masyarakat. Bahkan sutradara sengaja memberi tugas beberapa ekstras untuk memegang kamera bertujuan mendapatkan angle dan pergerakan kamera yang amatir.

Baca Juga  Terbongkar! Niat Terselubung Reshuffle Kabinet Jokowi, Anies dan NasDem Bisa Dapat Durian Runtuh?

Menariknya, lagu “Modal Percaya” yang diciptakan Fico kemudian diyanyikan kembali oleh salah satu band punk paling disegani di Indonesian, NTRL.

Baca Juga:
Siap-siap! Film Titanic Remaster 3D 4K Akan Tayang Di Bioskop, Ini Jadwalnya

Dengan kemenangan ini, Fico berharap dunia periklanan kembali bangkit. Pasalnya, sepanjang pandemi Coivid-19 dunia periklanan di Indonesia mengalami penurunan yang sangat tajam.

“Selama pandemi kemarin lesu. Mungkin bukan tentang uang ya. Tapi pasti sineas dan pekerja kreatif rindu buat syuting dan berkarya. Namun sekarang sudah mulai banyak lagi tawaran job. Kami senang karena rasanya industri periklanan saat ini kembali bergeliat,” imbuh Fico.

Fico berharap di tahun ini dan mendatang, brand semakin tidak khawatir untuk beriklan. Termasuk agar tidak melulu beriklan dengan hard selling tapi story telling.

“Saya juga berharap semoga semua stakeholders di industri ini seperti brand atau perusahaan, agensi, hingga sutradara dan semua pekerja kreatif dapat berkolaborasi untuk membuat karya-karya iklan yang ‘pintar’ dan kreatif,” tutur Fico.

Citra Adipariwara 2022 berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 14-16 Desember 2022 dengan tema Awesomeness Unites.



Source link