Pengguna Kereta Commuter Line Kini Bisa Mencoba Aplikasi Baru C-Access, Ada Fitur-Fitur Menarik

KAI Commuter

CRCOID. –  PT Kereta Commuter Indonesia baru-baru ini telah menggelar soft launching aplikasi pendukung transportasi Kereta Commuter terbarunya yang bernama C-Access. Informasi ini didapat dari komunitas pengguna KRL Commuterline, LRT, dan MRT, @AnkerTwitter.

Dalam cuitannya tersebut, @AnkerTwitter menyebutkan bahwa aplikasi C-Access dihadirkan untuk penyempurnaan aplikasi KRL Access yang sebelumnya sudah tersedia di Google Play Store maupun Apple App Store. Pihak KAI Commuter sendiri belum memberikan kepastian apakah aplikasi C-Access akan mengganti KRL Access.

Namun begitu, aplikasi C-Access sudah bisa diunduh secara gratis di perangkat Android melalui Google Play Store. Untuk perangkat iOS, kabarnya akan menyusul dalam pengembangan. Saat ini, aplikasi C-Access dalam status early access yang mana masih dalam tahap uji coba sehingga penggunanya dibatasi sebanyak 3.000.

Selama masa uji coba yang diperkirakan berlangsung sampai bulan April 2023, pihak KAI Commuter pun membuka saran dan masukan untuk perbaikan aplikasi serta fitur dari pengguna early access aplikasi ini.

Dalam tahap Early Access ini, aplikasi C-Access sudah menyajikan empat menu utama yakni Home, Riwayat, Notifikasi, dan Kontak. Pada bagian atas tampilan halaman Home menghadirkan fitur-fitur seperti e-wallet, profil, pengisian saldo Kartu Multi Trip (KMT), QR Tiket, dan Explore.

Di bawahnya pengguna juga bisa mengakses kolom untuk mencari ketersediaan kereta dari asal dan tujuan. Kemudian terdapat fitur-fitur penting lainnya seperti promo, pembelian tiket secara online, jadwal kereta, posisi kereta, tarif, rute kereta, info stasiun, stasiun terdekat, dan info lintas kereta.

Tak ketinggalan pengguna bisa sekaligus mendapatkan informasi berita terbaru terkait KAI Commuter. Bila dibandingkan dengan aplikasi KRL Access bisa dibilang fitur-fitur C-Access lebih lengkap dan menampilkan tampilan antarmuka yang lebih modern.

Baca Juga  Siap-siap, Telkomsel Migrasi Layanan 3G ke 4G Mulai Maret Ini

Salah satunya ialah kehadiran penyedia layanan pembayaran digital dengan GoPay. Pengguna yang ingin membeli tiket kereta Commuter bisa menautkan GoPay mereka.

Aplikasi-C-Access-KAI-Commuter

Sebagai catatan, pengguna baru yang ingin mendaftar C-Access sebaiknya menggunakan nomor handphone yang sama pada GoPay mereka karena jika nomor berbeda, pihak Commuter belum membuka fitur untuk mengubah nomor handphone pada menu profil C-Access.

Ke depannya KAI Commuter akan menambah fitur-fitur lainnya. Pada aplikasi C-Access ada beberapa fitur yang masih ditutup dan kemungkinannya akan dibuka seperti Food untuk mencari makanan di sekitar stasiun, COD untuk kirim paket dengan Commuter, dan C-Corner untuk mencari tempat belanja.

Fitur-fitur lainnya seperti Panic Button atau laporan kasus juga kabarnya akan ditambahkan dan menjadi salah satu fitur tambahan utama yang sedang dikembangkan.

Denny Haryanto selaku Direktur Teknis KAI Commuter menyampaikan bahwa C-Access melengkapi fitur-fitur dari aplikasi sebelumnya KRL Access. “Salah satunya adalah top up KMT via GoPay saat ini dengan rencana pada Juni ditambah e-wallet lainnya,” ujarnya.



Source link