Siap-siap, Android 14 Bakal Blokir Deretan Aplikasi Jadul

CRCOID – Sebagai langkah mengurangi potensi malware, Android 14 akan mulai sepenuhnya memblokir aplikasi versi lama Android.

Selama bertahun-tahun, pedoman untuk Google Play Store telah memastikan bahwa pengembang Android terus memperbarui aplikasi mereka untuk menggunakan fitur terbaru dan tindakan keamanan platform Android.

Baru bulan ini, pedoman tersebut diperbarui, yang mengharuskan aplikasi Play Store yang baru terdaftar untuk menargetkan minimal Android 12.

Hingga saat ini, persyaratan level API minimum ini hanya berlaku untuk aplikasi yang ditujukan untuk Google Play Store.

Baca Juga:
Tawaran Paket Pesangon Google untuk Karyawan yang Terkena PHK, Berlaku di Semua Wilayah Operasional Tidak?

Jika pengembang ingin membuat aplikasi versi lama, mereka dapat melakukannya dan cukup meminta penggunanya melakukan sideload file APK secara manual.

Demikian pula, jika aplikasi Android belum diperbarui sejak pedoman diubah, Play Store akan terus menyajikan aplikasi tersebut kepada mereka yang telah menginstalnya sebelumnya.

Google Play Store. [Vic_B/Pixabay]
Google Play Store. [Vic_B/Pixabay]

Menurut perubahan kode yang baru diposting, Android 14 diatur untuk memperketat persyaratan API, sepenuhnya memblokir pemasangan aplikasi yang sudah usang.

Perubahan ini akan memblokir pengguna dari sideloading file APK tertentu dan juga memblokir app store dari menginstal aplikasi yang sama.

Awalnya, perangkat Android 14 hanya akan memblokir aplikasi yang menargetkan terutama versi Android lama.

Baca Juga:
Google PHK 12.000 Karyawan, Pesangonnya Mulai Gaji 18 Minggu Hingga Saham

Namun seiring waktu, rencananya adalah untuk meningkatkan ambang batas ke Android 6.0 (Marshmallow), dengan Google memiliki mekanisme untuk “semakin meningkatkannya”.



Source link

Baca Juga  Cara Mencegah Burnout untuk Atlet Esports dari Kacamata Psikolog