3 Daftar Rekomendasi Buah yang Ampuh Mengatasi Sariawan

Mengonsumsi buah untuk mengobati sariawan supaya lekas hilang merupakan suatu solusi yang mudah. Sebab, buah memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang tinggi. Namun perlu diingat lagi, tidak semua jenis buah dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan sariawan. 

Banyak orang yang beranggapan jika buah pereda sariawan bersifat asam. Di satu sisi, buah-buahan yang asam misalnya seperti jeruk, jeruk nipis, ataupun lemon, malah bisa memperparah sariawan karena memiliki kandungan asam sitrat. Alih-alih bisa segera sembuh, sariawan justru malah semakin sakit dan juga proses penyembuhannya pun semakin bertambah lama.

Merangkum dari laman SehatQ dan Halodoc, berikut ini adalah beberapa daftar rekomendasi buah yang ampuh untuk mengatasi sariawan:

1. Bit 

Jus buah bit ternyata bisa mengatasi impotensi.
Jus buah bit ternyata bisa mengatasi impotensi.

Bit merupakan salah satu jenis buah untuk sariawan yang baik dikonsumsi karena memiliki kandungan asam folat Yang tinggi didalamnya. Dalam satu sajian saja seberat 136 gram, asam folat yang ada didalamnya bisa sebesar 148 mcg atau 0,148 mg, lho.

BACA JUGA: ‘Dicap Artis Sombong’, Dian Sastowardoyo Ungkap Alasan Sering Tolak Foto Bareng Fans

Berdasarkan dari angka kecukupan gizi (AKG) menurut Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, asupan asam folat per harinya harus memenuhi 1,2 sampai 1,3 mg. Artinya, manfaat dari buah bit ini menyumbang sebanyak 37% kecukupan asam folat harian.

2. Pisang

Photo by Andreea Ch: https://www.pexels.com/photo/yellow-banana-fruit-on-white-surface-1166648/
Photo by Andreea Ch: https://www.pexels.com/photo/yellow-banana-fruit-on-white-surface-1166648/

Pisang adalah salah satu buah yang bergizi dan juga memiliki kandungan zat vitamin yang tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.  Menariknya lagi nih, pisang juga merupakan salah satu buah yang kaya akan asupan vitamin B12 serta serat.

BACA JUGA: Selain Potong Gaji, Jhon LBF Juga Ancam Pecat dan Pidanakan Karyawan, Memang Boleh Bos Ngomong Begitu?

Berdasarkan dari kandungan nutrisinya yang tinggi, buah pisang juga diketahui mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga  Berkaca pada Korban First Travel, Ratusan Korban KSP Indosurya Minta Haknya Dipulihkan

Mulai dari membantu dalam mengelola tekanan darah, melancarkan pencernaan,    mengurangi stres dan juga masalah maag, bahkan buah pisang juga bisa membantu mengendalikan suhu tubuh total.

3. Apel

5 Manfaat Apel untuk Wajah, Salah Satunya dapat Mencerahkan Kulit! (Freepik.com)
5 Manfaat Apel untuk Wajah, Salah Satunya dapat Mencerahkan Kulit! (Freepik.com)

Menurut sebuah penelitian yang dikemukakan oleh Journal of Pharmacy and BioAllied Sciences, buah untuk mengobati sariawan satu ini memiliki kandungan fenolik yang tinggi. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan tinggi.

Fenolik mampu untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Buah apel juga dapat mengobati sariawan serta mempunyai sifat antimikroba yang mampu melawan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi, seperti sariawan yang diakibatkan adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori. Kamu dapt mengonsumsi buah apel dengan cara dimakan langsung ataupun sebagai minuman jus untuk sariawan.

Nah, itulah tadi beberapa daftar rekomendasi buah yang ampuh untuk mengatasi sariawan, semoga bermanfaat ya. 

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS



Source link